Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Miliki Sesuai Kebutuhan, Ini Perbedaan Asuransi Umum dan Jiwa

KOMPAS.com – Asuransi merupakan salah satu cara untuk memproteksi diri dan harta benda dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dalam dunia asuransi, dua jenis yang umum dikenal adalah asuransi umum dan asuransi jiwa. Meskipun keduanya punya fungsi sama, yakni melindungi, tapi tahukah Anda bahwa keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam cakupan dan manfaat?

Calon nasabah harus memahami keduanya agar layanan yang dimiliki tepat dan sesuai kebutuhan.

Perlu diketahui, asuransi umum merupakan layanan asuransi yang bisa memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, kerugian, dan kehilangan pada harta benda.

Itu berarti, asuransi umum memiliki peran sebagai mitigasi risiko bukan hanya terhadap aset yang dimiliki nasabah, melainkan juga terhadap risiko kecelakaan diri.

Cakupan dari asuransi umum pun luas, meliputi perlindungan atas segala sesuatu, mulai dari kendaraan bermotor, rumah, hingga bisnis dari kerugian yang diakibatkan oleh peristiwa seperti kebakaran, pencurian, atau kecelakaan.

Berikut beberapa karakteristik utama dari asuransi umum

Pertama, cakupannya luas. Asuransi umum melindungi harta benda dan harta lainnya dari berbagai risiko yang dapat terjadi.

Kedua, penggantian nilai tertanggung. Polis asuransi umum biasanya akan menggantikan nilai yang hilang atau rusak akibat peristiwa tertentu dan juga ada yang berupa santunan.

Ketiga, besaran premi berdasarkan risiko. Premi asuransi umum biasanya ditentukan berdasarkan risiko yang terkait dengan properti atau aset yang diasuransikan.

Sementara itu, asuransi jiwa berfokus pada melindungi individu dan keluarga dari risiko yang berkaitan dengan kesehatan, kehidupan, dan keuangan.

Berikut beberapa karakteristik utama dari asuransi jiwa.

Pertama, untuk perlindungan pribadi. Asuransi jiwa memberikan perlindungan kepada individu dan keluarganya dari risiko seperti kematian, sakit serius, atau cacat.

Kedua, memiliki manfaat tunai. Asuransi jiwa memberikan manfaat tunai kepada ahli waris jika tertanggung meninggal. Manfaat tunai kepada tertanggung juga bisa didapat atas biaya kesehatan rawat jalan dan rawat inap.

Ketiga, besaran premi berdasarkan usia dan kesehatan tertanggung.

Kesimpulannya, asuransi umum dan asuransi jiwa memiliki peran yang berbeda dalam melindungi aset dan individu.

Jika asuransi umum lebih fokus pada melindungi harta benda, seperti properti dan bisnis, maka asuransi jiwa lebih berfokus pada perlindungan individu dan keluarganya dari risiko kesehatan dan keuangan.

Bagi Anda yang abru mau memiliki asuransi, penting untuk memahami keduanya agar kepemilikan asuransi tepat dan sesuai kebutuhan, serta situasi finansial.

Jika sudah memahami keduanya, Anda bisa mulai mencari layanan asuransi yang tepat. Saat ini, ada beragam layanan asuransi di Indonesia. Salah satunya, BRI Insurance.

Layanan tersebut merupakan bagian dari BRI yang memiliki visi sebagai Most Valuable Banking Group In Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion.

Sebagai perusahaan asuransi umum, BRI Insurance hadir untuk melindungi masyarakat dari risiko yang dapat terjadi kapan pun dan di mana pun atas aset dan dirinya.

Saat ini, produk dan layanan yang ditawarkan oleh BRI Insurance dapat dicek dengan menghubungi layanan chat Whatsapp di nomor 081-180-14081 atau melalui contact center di nomor 14081.

Lewat layanan tersebut, asisten virtual Melisha akan memberikan informasi seputar produk yang sedang dibutuhkan nasabah, informasi polis, simulasi premi, live agent, status klaim, promo menarik yang sedang berlangsung, dan informasi umum terkait asuransi lainnya.

Optimalisasi layanan yang didukung dengan teknologi digital dilakukan BRI Insurance sebagai komitmen yang selaras dengan visi perusahaan, yaitu sebagai mitra tepercaya dan andal untuk solusi perlindungan.

Ingin tahu lebih jauh mengenai BRI Insurance? Anda dapat mengaksesnya lewat website www.brins.co.id.

https://money.kompas.com/read/2023/09/06/184900526/miliki-sesuai-kebutuhan-ini-perbedaan-asuransi-umum-dan-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke