Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Masyarakat Diminta Tak Beli Barang dari LN via Jastip | Menko Airlangga: Toko Kelontong adalah Bisnis Menjanjikan

1. Masyarakat Diminta Tak Beli Barang dari Luar Negeri via Jastip, Kenapa?

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan berencana memperkuat pengawasan pergerakan barang masuk ke Tanah Air menggunakan jasa titip atau jastip. Pasalnya, praktik jastip dari luar negeri dinilai merugikan negara, baik dari sisi pendapatan maupun persaingan bisnis nasional.

Direktur Penerimaan dan Perencanaan Strategis DJBC Mohammad Aflah Farobi mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan sejumlah langkah untuk mengawasi praktik jastip. Salah satunya, melalui pembuatan profil atau profiling penumpang yang kerap berpergian melalui bandara.

"Kita memetakan siapa saja seminggu sekali dua kali datang ke bandara, atau di Batam sehari bisa dua kali bolak-balik ke Singapura," jelas Aflah di Bogor, Rabu (27/9/2023).

Pada saat bersamaan, DJBC meminta kepada masyarakat untuk tidak membeli produk dari luar negeri dengan menggunakan jastip.

Aflah menekankan, pembelian barang dari luar negeri dengan jastip merugikan negara, sebab barang yang dibeli tidak dikenakan bea masuk.

"Kita juga mengimbau kepada teman-teman, kalau ada yang buka di medsos dan menemukan open jastip, semoga tidak beli dari sana," tuturnya.

Selengkapnya klik di sini. 

2. Usai Coba Kereta Cepat, Banyak Penumpang Lebih Pilih Argo Parahyangan

Sejumlah masyarakat yang mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta Bandung menyatakan lebih memilih KA Argo parahyangan ketimbang kereta cepat untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya. 

Mereka beralasan harga tiket KA Argo Parahyangan lebih murah ketimbang harga tiket kereta cepat. Meskipun mereka mengakui perjalanan dengan kereta cepat lebih hemat waktu ketimbang KA Argo Parahyangan.

Sebagai informasi, harga tiket KA Argo Parahyangan sekitar Rp 150.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 200.000 untuk kelas eksekutif, kereta Luxury sekitar Rp 500.000, dan kereta Panoramic sekitar Rp 400.000.

Sedangkan harga tiket kereta cepat saat ini belum ditetapkan, namun usulannya sekitar Rp 250.000-350.000 yang dibagi menjadi 3 kelas. Rencananya, PT KCIC juga akan membuat tarif terintegrasi LRT Jabodebek, kereta cepat, dan KA Feeder sebesar Rp 300.000.

Selain alasan variasi harga tiket yang lebih terjangkau, faktor lainnya yakni penumpang KCJB harus menyambung dengan moda transportasi lainnya untuk menuju ke Kota Bandung.

Selengkapnya klik di sini. 

3. Menko Airlangga Sebut Toko Kelontong Tradisional adalah Bisnis Menjanjikan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, toko kelontong tradisional adalah bisnis UMKM yang menjanjikan. Hal tersebut disampaikan dalam Konferensi Pers SRC untuk Indonesia: UMKM Berkelanjutan untuk Indonesia Jadi Lebih Baik, Rabu (27/9/2023).

"(Toko kelontong) terus dapat dikembangkan menjadi toko yang lebih modern, terdigitalisasi, dan berdampak luas," kata dia. Ia mengatakan, hal itu didasari pada hasil survei Litbang Kompas untuk Sampoerna Retail Community (SRC).

UMKM masih mejadi pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah telah membantu UMKM melalui Undang-Undang Cipta Kerja dan peraturan turunannya tentang kemudahan, perlindungan, pemberdayaan koperasi usaha kecil, mikro, dan menengah.

Pemerintah juga telah mendorong akses pembiayaan untuk UMKM denga Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Mekaar, Lembaga Pendanaan Dana Bergulir (LPDB), digitalisasi, dan kemitraan UMKM dengan usaha besar, dan perluasan akses pasar.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan terdapat gambaran positif dalam hasil survei SRC dan Tim Riset Kompas Gramedia Media.

Survei ini menunjukkan kontribusi yang signifikan dari keberadaan toko kelontong di bawah bendera SRC. Kontribusi aset SRC pada 2022 sebesar Rp 236 triliun atau setara dengan 11,36 persen produk domestik bruto (PDB) ritel Indonesia.

Selengkapnya klik di sini. 

4. Minta TikTok Shop Ditutup, Mendag Beri Waktu Seminggu

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) akan menyurati TikTok untuk meminta platform TikTok Shopnya ditutup.

Hal ini seturut diundangkannya Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang merupakan Revisi Permendag 50 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik PMSE).

Dalam beleid itu Pemerintah melarang social commerce untuk berdagang kecuali promosi.

"Tidak boleh lagi ada (ditutup) ini kan sosialiasisasi. Besok saya surati (TikTok) itu," ujar Mendag Zulhas dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/9/2023). Oleh karena itu, Mendag Zulhas meminta para UMKM untuk segera beralih lapaknya dari TikTok Shop ke e-commerce. "Yah pindah, ke e-commerce," ungkap dia.

Selengkapnya klik di sini. 

5. Jokowi Ingin Moda Transportasi di Jabodebek Terintegrasi dan Diurus oleh Satu Organisasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sistem moda transportasi publik yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) diintegrasikan dalam kurun satu bulan ke depan.

"Tadi Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan sistem moda di Jabodebek. Jadi jangan terpecah-pecah, ada BUMN, pemda, pusat, jadi bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi," ujar Luhut, dilansir dari Antara, Rabu (27/9/2023).

Luhut menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar proses integrasi moda transportasi publik tersebut dilakukan selama satu bulan ke depan untuk proses penyusunan struktur organisasi tunggal.

Selain itu, kata Luhut, kebijakan itu juga mengatur tentang sistem transaksi tiket perjalanan yang terintegrasi.

Selengkapnya klik di sini. 

https://money.kompas.com/read/2023/09/28/050000926/-populer-money-masyarakat-diminta-tak-beli-barang-dari-ln-via-jastip-menko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke