Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angkatan Kerja RI Didorong Lebih Produktif

Chief of Karier.mu M. Rangga Septiyadi menjelaskan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat yang berkelanjutan untuk seluruh angkatan kerja Indonesia.

"Indonesia diharapkan dapat meningkatkan angkatan kerja yang lebih produktif dan berdaya saing tinggi," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (12/10/2023).

Hal tersebut bertujuan agar angkatan kerja tetap mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan dan disrupsi yang ada.

Rangga menambahkan, pola pikir belajar sepanjang hayat atau populer disebut mindset lifelong learning memiliki tantangan seperti keterbatasan akses dan kesempatan pendidikan.

Selain itu, adanya kekurangan kesadaran tentang pentingnya pembelajaran sepanjang hayat juga menjadi hambatan.

Untuk itu, program Prakerja disebut menjadi penentu upaya peningkatan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal.

Rangga menilai program Prakerja mampu memberikan akses pelatihan berskala besar dan beasiswa pelatihan melalui insentif yang diberikan.

Berkolaborasi dengan berbagai lembaga pelatihan maupun digital platform seperti Karier.mu, Prakerja meberikan ratusan pelatihan untuk reskilling dan upskilling secara online.

Tak hanya itu, Prakerja sekaligus memberi informasi lowongan kerja dalam satu platform.

Sebagai informasi, Program Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja, buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

https://money.kompas.com/read/2023/10/12/211000026/angkatan-kerja-ri-didorong-lebih-produktif-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke