Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Menhub: Bandara Kertajati Jadi Opsi Pemberhentian

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat menjadi salah satu opsi titik pemberhentian kereta cepat Jakarta-Surabaya.

“Salah satu opsi daripada kereta cepat itu adalah Kertajati, terus Cirebon, terus balik lagi ke selatan,” ujar Menhub saat meninjau Bandara Kertajati, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

Meskipun opsi ini masih belum pasti, namun berdasarkan catatan Kompas.com hal yang sama juga pernah diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau proyek kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung pada April 2021.

Ridwan Kamil menyebut, setelah kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung selesai, proyek ini akan berlanjut hingga ke Bandara Kertajati.

"Progres sudah sekitar 70-an persen. Semoga selesai sesuai jadwal dan bisa terus lanjut kereta cepat ini di tahap 2 ke Bandara Kertajati," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil ini lewat akun @ridwankamil, Senin (12/4/2021).

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membocorkan rute kereta cepat Whoosh menuju ke Surabaya yang saat ini sedang dikaji oleh pemerintah.

Saat ini rute kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung melayani perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Namun, rute kereta cepat Whoosh ini tidak sampai ke Kota Bandung, bahkan pemberhentian terakhir, yakni Stasiun Tegalluar, jaraknya sejauh 30 kilometer ke Kota Bandung.

https://money.kompas.com/read/2023/10/19/140200726/kereta-cepat-jakarta-surabaya-menhub--bandara-kertajati-jadi-opsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke