Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Emiten Ini Hadirkan Teknologi Lalu Lintas Pintar di Solo Selama Piala Dunia U-17

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sistem pengendalian lalu lintas cerdas (ITCS) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh emiten teknologi informasi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) membantu kelancaran lalu lintas di Kota Solo selama perhelatan Piala Dunia U-17 alias FIFA World Cup U-17 2023.

ITCS yang dipasang di Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo ini mampu mendeteksi penumpukan kendaraan secara real time dan menyesuaikan waktu siklus lampu lalu lintas secara otomatis.

Hal ini membuat lalu lintas di sekitar lokasi pertandingan menjadi lebih lancar dan tidak terjadi kemacetan yang berarti.

Bus yang mengantarkan pemain U-17 dan kendaraan resmi gelaran piala dunia di Solo juga mendapatkan VIP Green Wave, yaitu fitur dalam ITCS di mana kendaraan tertentu (misalnya ambulans, mobil damkar atau mobil VVIP) mendapat prioritas lampu hijau ketika melintas di dua persimpangan secara berurutan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran mobilitas para pemain dan ofisial selama perhelatan berlangsung.

"Kami sangat bersyukur bahwa ITCS yang kami kembangkan dapat membantu kelancaran lalu lintas di Kota Solo selama perhelatan Piala Dunia U17 FIFA 2023," ujar David Santoso, Direktur Utama PT TKDN dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023).

"Ini merupakan bukti bahwa teknologi AI dapat diaplikasikan untuk memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat, termasuk kemacetan lalu lintas," jelas David.

ITCS dari TKDN menggunakan dua teknologi AI, yaitu AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan AI Predictive Modelling. AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 mampu mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrian di lampu merah dan menyesuaikan lampu lalu lintas sesuai dengan padatnya arus kendaraan di setiap kaki simpang.


Adapun AI Predictive Modelling mampu memprediksi tingkat kejenuhan di suatu persimpangan berdasarkan data historis dan aktual.

PT TKDN adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT yang pada awalnya terjun di sektor Transportasi dalam hal penyediaan Transport Management Solutions dengan fokus pada Safety and Monitoring Fleets dan menawarkan solusi tersebut kepada para produsen kendaraan dan juga operator-operator Transportasi.

Perseroan menghadirkan solusi sistem dan platform dengan menggabungkan teknologi terbaru yang akan membantu sektor transportasi lebih komprehensif, sekaligus mendukung terwujudnya Smart City.

Solusi-solusi yang kami tawarkan meliputi IoT Smart Bus System Integrator (Solusi sistem manajemen perangkat IoT untuk armada bus), Transport Payment Solutions (Solusi sistem dan perangkat untuk menunjang pembayaran non tunai), Software as a Service (Solusi sistem dan software berbasis cloud untuk kemudahan layanan), Business Process Outsourcing (Solusi layanan operator dan command center yang terintegrasi), Smart Infrastructure Technology (Solusi sistem dan layanan terintegrasi untuk infrastruktur jalan raya).

https://money.kompas.com/read/2023/11/08/200000826/emiten-ini-hadirkan-teknologi-lalu-lintas-pintar-di-solo-selama-piala-dunia-u

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke