Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh Sampai 7 Persen?

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia membutuhkan tambahan investasi terhadap produk domestik bruto (PDB) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Ekonom dan Co-founder Creco Research Institute M Chatib Basri mengatakan, di dalam ekonomi ada yang dikenal dengan Incremental Capital Output Ratio (ICOR).

Angka tersebut menunjukkan besarnya tambahan kapital (investasi) baru yang dibutuhkan untuk menambah pertumbuhan PDB. Adapun angka ICOR untuk Indonesia adalah 6,8 persen.

Mantan Menteri Keuangan RI periode 2013-2014 itu menyebut, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7 persen dibutuhkan tambahan investasi sebesar 47 persen dari PDB.

"Masalahnya investasi untuk PDB itu butuh uang. Sumber pembiayaannya bisa datang dari domestik dan dari luar," kata dia dalam acara Bank BTPN Economic Outlook 2024, Rabu (22/11/2023).

Adapun, gross domestic saving Indonesia baru berkisar 36 persen terhadap GDP. Dengan begitu, ada jarak 11 persen untuk dapat memenuhi syarat tambahan investasi sebesar 47 persen.

Untuk itu, Indonesia membutuhkan investasi dari luar negeri senilai Rp 1.800 triliun untuk memenuhi syarat pertumbuhan ekonomi.

Menurut dia, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7 persen.

Pertama, pemerintah harus menaikkan angka gross domestic saving. Artinya, rasio dari pajak harus dinaikkan.

"Siapapun yang jadi presiden 2024-2029 harus meningkatkan penerimaan pajak, agar rasio tax dari GDP mengalami peningkatan," imbuh dia.

Selain itu, Indonesia juga dapat mencari pendanaan atau investasi melalui penanaman modal asing (PMA). Pemerintah selanjutnya diharapkan dapat membuat investasi asing masuk ke Indonesia.

"Berarti kebijakan regulasi harus di-streamline, debirokratisasi, invesment climate harud disesuaikan," tutur dia.

Terakhir, Chatib bilang, pemenuhan kekurangan modal tersebut juga dapat didapatkan dengan mengajukan utang luar negeri.

"Tetapi kita tahun dalam beberapa tahun ini kritik terhadap utang bukan main tajamnya," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2023/11/22/184528326/apakah-ekonomi-indonesia-bisa-tumbuh-sampai-7-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke