Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkuat Vokasi Standar Eropa, Kemenperin Gandeng Mitra Jerman dan Swiss

Kepala BPSDMI Masrokhan mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia yang mencapai sekitar 682.000 orang per tahun, pihaknya memperkuat kolaborasi dengan berbagai stakeholders, seperti mitra industri, asosiasi industri, pemerintah daerah, dan mitra pembangunan luar negeri terkait penerapan pendidikan vokasi sesuai dengan standar Eropa.

"Sampai saat ini, BPSDMI terus didukung oleh mitra internasional dalam penerapan pendidikan vokasi sistem ganda guna menghasilkan SDM industri yang unggul, kompeten, dan berdaya saing global," kata dia, dalam keterangannya, Minggu (10/12/2023).

Lewat kolaborasi bersama mitra asal Jerman dan Swiss, BPSDMI menggelar serangkaian kegiatan, mulai dari Workshop Penguatan Manajemen Kelembagaan Institusi Vokasi, Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional Batch 6, Pelatihan Master Trainer Pelatih Tempat Kerja Internasional Tahun 2023, hingga Focus Group Discussion (FGD) Structured Internship Guidelines pada Oktober-November lalu.

Untuk acara workshop, BPSDMI bekerjasama dengan Swisscontact melalui Proyek Skills for Competitiveness (S4C) dan turut mengundang SwissCham serta mitra industri dalam negeri.

Sementara dalam pengembangan kemitraan vokasi antara kampus dan mitra industrinya, BPSDMI didukung penuh oleh GIZ Jerman, Swisscontact-S4C, dan Kadin Indonesia untuk melatih keterampilan pelatih tempat kerja sesuai best practice di negara Eropa melalui pelaksanaan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (ICT) Internasional Batch 6.

"Melihat dari sisi demand, pendidikan vokasi ini harus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan industri," kata Ketua Komisi Tetap Pelatihan Vokasi Kadin Indonesia, Wisnu Wibowo.

"Rangkaian kegiatan pelatihan vokasi ini merupakan bentuk komitmen BPSDMI untuk menghasilkan SDM industri yang kompeten dan berdaya saing global melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai dengan semangat," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2023/12/10/200000926/perkuat-vokasi-standar-eropa-kemenperin-gandeng-mitra-jerman-dan-swiss

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke