Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asuransi Simas Jiwa Manfaatkan Digitalisasi untuk Tingkatkan Layanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah 'disrupsi teknologi' seringkali memunculkan gambaran masa depan yang futuristik. Namun, penerapan disrupsi teknologi bisa dilakukan di bidang apa saja, termasuk industri asuransi.

Inti dari teknologi yang disruptif terletak pada penciptaan inovasi baru di bidang teknologi untuk target pasar yang sudah ada.

Asuransi Simas Jiwa (ASJ) telah berinovasi bersama perusahaan rintisan (startup) S-Quantum Engine (SQE) untuk mengatasi permasalahan mendasar di bidangnya.

Industri asuransi memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam proses-prosesnya, mulai dari awal pembelian, kepemilikan, hingga klaim. Hal inilah yang membuat industri asuransi terhambat dalam peralihan penuh ke model bisnis digital.

Minimnya transparansi pada proses pembelian yang wajib melibatkan agen, rumitnya jargon yang digunakan dalam produk asuransi, serta kebutuhan untuk menyerahkan setumpuk berkas yang berisi informasi sensitif menjadi kendala. Begitu juga dengan proses klaim yang rumit dan membingungkan.

Berbagai kesulitan tersebut mendorong perseroan berkolaborasi dengan SQE. SQE, sebagai digital factory yang turut membantu transformasi digital unit bisnis Sinarmas lainnya, memainkan peran sentral dalam mengurai kompleksitas agar produk digital yang tepat dapat dihadirkan sebagai solusi untuk permasalahan ASJ.

Sebagai hasilnya, pada tahun ini, SQE meluncurkan situs web www.simasjiwa.co.id untuk ASJ.

"Melalui situs tersebut, konsumen Asuransi Simas Jiwa dapat dengan cepat mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka secara online, tanpa perlu melibatkan agen sebagai perantara," tulis perseroan dalam keterangan resmi, Rabu (13/12/2023).

Informasi yang disajikan dalam situs web disusun dan disederhanakan sedemikian rupa untuk pangsa pasar Asuransi Simas Jiwa. Pengguna juga dapat dengan mudah mendapatkan rekomendasi produk melalui penerapan filter personalisasi.


Selain itu, situs ini menyediakan simulasi real-time untuk mengestimasi besaran asuransi yang dibutuhkan sesuai kemampuan mereka, serta membandingkan manfaat produk antara produk Asuransi Simas Jiwa dan perusahaan asuransi lainnya.

Tersedia juga layanan konsultasi bersama Digital Advisor yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui chat, panggilan suara, mau pun panggilan video. Klaim dan pengembalian dana dapat diproses dengan mudah secara online.

Inovasi ini pun diganjar penghargaan yang diraih dalam Indonesia Best Digital Finance Awards 2023 pada akhir November 2023 lalu. Asuransi Simas Jiwa dinobatkan sebagai “Best Digital Finance for Customer Portal with Easy Access to Insurance Services Online”.

Upaya SQE juga mendapatkan pengakuan di acara Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023, di mana perusahaan ini dinobatkan sebagai perusahaan dengan "Inovasi Digital Unggul" dan meraih predikat tertinggi, yaitu "sangat baik".

https://money.kompas.com/read/2023/12/13/223515426/asuransi-simas-jiwa-manfaatkan-digitalisasi-untuk-tingkatkan-layanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke