Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Genjot Ekspor, Semen Padang Jajaki Kerja Sama dengan Singapura

PADANG, KOMPAS.com - PT Semen Padang menjajaki kerja sama ekspor ke Singapura tahun ini.

Saat ini, produsen semen tertua di Asia Tenggara itu sudah mengekspor produknya ke empat negara yaitu Srilanka, Maladewa, Bangladesh, dan Australia.

"Dengan Singapura sedang kita jajaki kerjasama ekspor. Mudah-mudahan bisa tembus," kata Direktur Utama Semen Padang, Indrieffouny Indra saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Menurut Indrieffouny yang biasa dipanggil Arief ini, persaingan di industri semen di Indonesia sangat ketat. Hal ini dikarenakan banyaknya produsen semen baru, sehingga Semen Padang membidik pasar luar negeri.

"Untuk pasar domestik, kita mengisi Pulau Sumatera dan sebagian Jawa. Selain itu, kita juga membidik ekspor ke luar negeri," jelas Arief.

Menurut Arief, ekspor ke luar negeri sudah dilakukan perseroan sejak 2008. Adapun khusus ekspor semen ke Australia pertama kali dilakukan pada tahun 2016.

"Ekspor ke luar negeri terus kita tingkatkan. Yang kita ekspor adalah semen dan klinker (bahan baku semen)," jelas Arief.

Arief mengatakan produksi klinker tercapai 110 persen secara tahunan (year on year/YoY), produksi semen tercapai 95 persen (YoY) dan ekspor klinker tercapai 270 persen (YoY).

"Kita berharap di tahun 2024, ini terjadi pertumbuhan terutama di sektor ekspor," jelas Arief

https://money.kompas.com/read/2024/01/15/054100226/genjot-ekspor-semen-padang-jajaki-kerja-sama-dengan-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke