Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mau Masuk IKN Harus Tunggu OJK, Salah Satunya BCA

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, salah satu perbankan yang akan membangun kantor di IKN ialah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang merupakan bagian dari Djarum Group.

"Kalau Djarum Group yang BCA, tadi saya sampaikan besok (Rabu, 17/1/2024) adalah LPS dan selanjutnya akan ada yang namanya OJK. Jadi saya rasa perbankan itu nanti akan masuk bersamaan atau setelah OJK," ujarnya saat media briefing virtual, Selasa (16/1/2024).

Kendati demikian, dia belum dapat memastikan kapan tepatnya BCA dan bank lainnya akan masuk ke IKN lantaran rencana groundbreaking kantor OJK di IKN juga masih dalam proses.

Namun yang jelas, groundbreaking pembangunan kantor OJK perlu lebih dulu dilakukan sebelum perbankan ada di IKN lantaran OJK berfungsi menjadi regulator di sektor jasa keuangan.

"OJK penting untuk hadir (lebih dulu) untuk meregulasi sektor keuangan di kawasan IKN dan bank-bank seperti BCA dan bank-bank lainnya tentu harus masuk setelah atau bersamaan dengan OJK," jelasnya.

Pembangunan komplek perkantoran BI di IKN untuk mendukung kepentingan perekonomian nasional. Dengan operasional BI di IKN yang lebih dekat dengan pemerintah dan lembaga lain, BI sebagai bagian dari kebijakan ekonomi nasional akan lebih mudah dan optimal dalam bersinergi dan koordinasi.

Ini juga terkait dalam BI menjalankan tugas di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Kemudian pada hari ini, Rabu (17/1/2024), rencananya akan dilakukan groundbreaking tahap 4 di IKN dimana salah satunya ada proyek kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menyusul BI dan LPS, groundbreaking kantor OJK juga akan dilakukan pada groundbreaking selanjutnya. Dengan demikian tiga otoritas lembaga jasa keuangan akan hadir di IKN untuk mendukung sektor perbankan.

https://money.kompas.com/read/2024/01/17/120000026/bank-mau-masuk-ikn-harus-tunggu-ojk-salah-satunya-bca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke