Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produk UMKM Kini Bisa Dibeli dari "Vending Machine" di Stasiun Gondangdia-Gambir

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperluas pasar produk UMKM dengan menyediakan etalase "vending machine" di stasiun kereta di Jakarta, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Gondangdia.

Melalui keberadaan vending machine produk UMKM yang beroperasi otomatis selama 24 jam penuh, maka bisa mempermudah akses penumpang kereta yang ingin menikmati camilan asli buatan dalam negeri.

"Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja," ujar Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga saat peresmian vending machine produk UMKM di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Ia menuturkan, penempatan vending machine tersebut sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk memberi ruang promosi bagi pelaku UMKM binaan para perusahaan pelat merah. Selain itu, progam ini merupakan bagian dari kerja sama antara BUMN.

Terdiri dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola stasiun, PT Pertamina (Persero) yang mendukung operasional vending machine di Stasiun Gondangdia, dan PT PLN (Persero) yang mendukung operasional vending machine di Stasiun Gambir.

Adapun dengan adanya dua vending machine tersebut, kini sudah ada tiga vending machine produk UMKM yang tersedia. Salah satunya di Kementerian BUMN yang disediakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Arya menuturkan, pengadaan vending machine produk UMKM akan diperluas ke berbagai tempat publik lainnya, seperti bandara, pelabuhan, hingga SPBU.

"Sekarang kita baru tiga, rencananya mau (dipasang) di Terminal 3 (Bandara Soekarno-Hatta). Mau buat banyak di beberapa tempat. Kita berharap ini bergulir terus," kata dia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sedikitnya ada 20 produk makanan ringan dari UMKM lokal. Masyarakat dapat memilih produk pada layar yang terpasang di vending machine.

Sementara transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan mudah menggunakan QRIS. Setelah pembayaran, nantinya produk cemilan dapat diambil di kotak bagian bawah vending machine.

https://money.kompas.com/read/2024/01/22/203000126/produk-umkm-kini-bisa-dibeli-dari-vending-machine-di-stasiun-gondangdia-gambir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke