Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Harus Membuat Anggaran Keuangan Rumah Tangga? Ini 6 Manfaatnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat anggaran keuangan rumah tangga adalah hal penting yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan. Namun demikian, banyak orang enggan melakukan hal ini.

Ada beberapa alasannya. Bisa saja Anda mengaitkan anggaran keuangan rumah tangga dengan pembatasan, rumit, dan pemicu sakit kepala.

Selain itu, mungkin Anda merasa penghasilan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Akan tetapi, membuat anggaran keuangan rumah tangga sangat penting karena dapat membantu Anda menghemat uang, menghilangkan pengeluaran berlebihan, dan memungkinkan Anda memanfaatkan setiap rupiah sebaik-baiknya.

Dikutip dari The Balance, Kamis (15/2/2024), berikut beberapa manfaat membuat anggaran keuangan rumah tangga.

1. Mencegah munculnya pengeluaran berlebihan

Menghabiskan uang tanpa berpikir dapat dengan mudah membuat Anda mengeluarkan uang terlalu banyak setiap bulannya.

Pengeluaran berlebihan membatasi daya beli Anda di masa depan, karena memungkinkan semakin banyak pendapatan yang harus digunakan untuk pembayaran utang.

Jika Anda khawatir akan membatasi pengeluaran Anda, pertimbangkan bagaimana rasanya jika sebagian besar gaji digunakan untuk pembayaran kartu kredit. Stres dalam mencari cara untuk membayar kebutuhan sehari-hari bisa menjadi sangat besar.

Dengan menggunakan anggaran untuk melihat lebih dekat pendapatan dibandingkan dengan pengeluaran, Anda akan lebih mampu menentukan kapan harus berhenti berbelanja.

2. Membantu mencapai tujuan

Dengan anggaran terbatas, Anda dapat memfokuskan uang pada hal-hal yang paling penting bagi Anda. Beberapa tujuan yang harus dicapai mungkin adalah bebas dari utang, menabung untuk membeli rumah, atau memulai usaha sendiri.

Anggaran memungkinkan Anda membuat rencana dan memungkinkan Anda melacaknya untuk memastikan Anda mencapai tujuan.

Salah satu metode yang direkomendasikan oleh para ahli keuangan ketika mencoba mencapai tujuan keuangan adalah aturan 50-30-20. Melalui strategi ini, Anda mengalokasikan anggaran berdasarkan tiga kategori, yaitu kebutuhan, keinginan, dan tujuan keuangan.

Dengan cara ini, Anda akan menyisihkan uang dalam anggaran setiap bulan untuk tujuan Anda, biasanya di rekening tabungan.

3. Memudahkan Anda menabung

Orang yang tidak memiliki anggaran cenderung menabung lebih sedikit dibandingkan orang yang memiliki anggaran, menurut America Saves, sebuah kampanye yang dikelola oleh Federasi Konsumen Amerika, sebuah organisasi nirlaba.

Hal ini karena ketika Anda membuat anggaran, Anda mengalokasikan uang untuk melakukan hal-hal tertentu.

Anda dapat mentransfer uang ke rekening tabungan atau investasi setiap bulan. Saat Anda melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat mulai membangun kekayaan dan memberikan diri Anda kebebasan finansial sejati.

Saat membuat anggaran, Anda harus memutuskan berapa banyak yang Anda belanjakan di setiap kategori.

Dengan demikian, jika Anda ingin menyisihkan sebagian besar uang untuk kegiatan rekreasi, Anda tidak perlu merasa bersalah, selama Anda masih menabung dan memenuhi kebutuhan yang lain.

Membuat anggaran keuangan rumah tangga bukan tentang membatasi kesenangan dalam hidup Anda. Ini tentang membuka peluang untuk bersenang-senang lebih banyak. 

Selain itu, anggaran membantu Anda mengurangi kekhawatiran tentang keamanan finansial masa depan.

Dengan mengkategorikan anggaran, Anda akan dapat melihat ke mana segala sesuatunya berjalan dan memiliki lebih sedikit alasan untuk khawatir dalam membayar pengeluaran di masa depan.

5. Memungkinkan Anda menjadi fleksibel

Penganggaran bisa fleksibel, karena Anda dapat memindahkan uang antar kategori sesuai kebutuhan sepanjang bulan.

Secara umum, Anda harus membatasi diri untuk tidak menyentuh uang yang telah Anda sisihkan untuk ditabung, namun Anda dapat menyesuaikan jumlah yang Anda belanjakan untuk satu sama lain.

Ini adalah cara lain agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Hal ini juga memungkinkan Anda mengenali masalah dalam kebiasaan belanja dan kemudian menyesuaikannya sehingga Anda tidak belanja lebih dari kemampuan.

Aplikasi dan perangkat lunak penganggaran sangat bagus untuk pemula, karena dapat mengotomatiskan kategori untuk Anda dan kemudian memindahkan berbagai hal berdasarkan preferensi Anda.

Membuat anggaran keuangan dapat membantu Anda mendapatkan kendali atas uang Anda. Ini memungkinkan Anda memprioritaskan pengeluaran, melacak pengeluaran, dan menyadari kapan perlu melakukan perubahan.

Anggaran menempatkan rencana solid yang mudah diikuti dan memberi Anda kesempatan untuk merencanakan dan mempersiapkan masa depan.

Ini adalah alat terbesar yang Anda miliki untuk mengubah masa depan finansial Anda, dan ini memberi Anda kekuatan untuk melakukan perubahan mulai hari ini.

Setelah Anda membuat anggaran, penting untuk memeriksanya secara konsisten untuk menjaga kendali dan mencegah pengeluaran berlebihan. Mengambil keputusan di awal bulan memudahkan Anda mengelola uang.

https://money.kompas.com/read/2024/02/15/182700026/kenapa-harus-membuat-anggaran-keuangan-rumah-tangga-ini-6-manfaatnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke