Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganti Komponen "Switch Brake", Perbaikan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung Sepekan

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jakarta DJKA Kemenhub Ferdian Suryo mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu seminggu untuk mengganti komponen eskalator yang perlu diganti yaitu switch brake.

"InsyaAllah satu minggu ke depan eskalator sudah bisa digunakan kembali," ujar Ferdian kepada Kompas.com, Kamis (22/2/2024).

Dia menjelaskan, komponen switch brake perlu diganti karena terjadi anomali yang menyebabkan eskalator bergerak ke arah yang sebaliknya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan bahwa sistem eskalator menonaktifkan diri secara otomatis karena kelebihan beban (overload). Padahal pada pukul 17.00 WIB eskalator masih berfungsi dengan baik.

Lalu karena eskalator ini tidak segera dimatikan secara manual dan masih tetap digunakan penumpang untuk naik ke peron dengan berjalan kaki, maka muncul anomali berupa eskalator mendadak nyala tapi bergerak ke arah sebaliknya.

"Nah anomalinya ada di berbalik arah ini," kata dia.

Komponen yang Digati Dipastikan Tidak Impor

Dia menegaskan perbaikan eskalator membutuhkan waktu seminggu lamanya bukan karena DJKA perlu melakukan impor komponen terlebih dahulu.

Melainkan karena perbaikan eskalator harus melalui beberapa proses dan pengetesan sebelum dipastikan eskalator benar-benar bisa dioperasikan kembali.

"Tidak diimpor, hanya proses pengadaan dan biasanya setelah perbaikan diperlukan cek dan pengetesan ulang," ungkapnya.

Kendati demikian, dia berharap proses perbaikan eskalator ini tidak akan memakan waktu sampai sepekan. "Mudah-mudahan bisa lebih cepat," tuturnya.

Kejadian tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron menjadi terjatuh. Namun demikian dipastikan tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/02/23/060000726/ganti-komponen-switch-brake-perbaikan-eskalator-stasiun-manggarai-rampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke