Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Usaha PLN Terus Perkuat Kerja Sama Pengembangan Usaha Infrastruktur Gas

Hal ini dalam rangka mengamankan gas sebagai salah satu energi primer, untuk bahan bakar pembangkit PLN. Dengan demikian, penguatan infrastruktur gas juga dimaksudkan untuk memperkuat kehandalan sistem kelistrikan nasional.

Untuk itu, PLN EPI menggandeng PT Adhi Guna Putera dan PT Titan Transport Indonesia dalam kerja sama pengembangan usaha infrastruktur gas, melalui penandatanganan nota kesepahaman pada Rabu (28/2/2024).

Kerja sama ini meliputi penyediaan infrastruktur gas, persiapan rantai pasok end to end mulai dari pasokan gas, infrastruktur, pelabuhan pengisian, transportasi, kesiapan fasilitas penerimaan pembongkaran dan kesiapan pembangkit untuk menyediakan gas.

"PLN terus mengupayakan terjaganya pasokan listrik yang handal guna mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional," kata Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara melalui keterangan pers, Rabu (28/2/2024).

"Kolaborasi yang terus kami kembangkan juga merupakan implementasi dari 4 pilar PLN dan mendukung incorporated yang semakin kuat antar PLN grup," lanjutnya.

Menurut Iwan, penguatan rantai pasok bahan bakar untuk pembangkit listrik terus dilakukan PLN Group dalam beberapa tahun terakhir.

Selain memastikan ketersediaan infrastruktur, PLN EPI juga terus mengembangkan integrasi sistem digital rantai pasok.

"Kerja sama pengembangan usaha infrastruktur gas antara para pihak bakal kian menguatkan sistem rantai pasok gas untuk pembangkit secara end to end," katanya.


Kerja sama dengan perusahaan Jepang

Sebelumnya, PLN EPI juga menggandeng perusahaan Jepang, JERA Co.Inc, untuk memperkuat rantai pasok LNG (Liquefied natural gas) untuk pembangkit PLN Grup.

Kerja sama kedua pihak diteken di Bandung pada 13 Februari 2024 lalu.

Direktur Gas dan BBM PLN EPI Rakhmad Dewanto menambahkan, LNG berperan sebagai pengganti BBM/Solar dan batu bara dalam jangka pendek dan dalam jangka menengah.

Sedangkan, untuk jangka panjang, LNG memegang peranan penting dalam transisi energi untuk melengkapi pengembangan energi terbarukan.

"Kebutuhan gas akan semakin meningkat dengan dibangunnya 25 persen pembangkit baru yang menggunakan gas. Untuk itu, diperlukan pengembangan portfolio LNG dan pengembangan infrastruktur midstream LNG agar target NDC dan NZE dapat tercapai” ujar Rakhmad.

https://money.kompas.com/read/2024/02/28/220154426/anak-usaha-pln-terus-perkuat-kerja-sama-pengembangan-usaha-infrastruktur-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke