Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendagri Minta Kepala Daerah Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan

Hal itu diungkapkan Tito saat memberikan paparan di Rakor Bapanas “Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadhan” di Jakarta, Senin (4/3/2024). 

“Target (inflasi) dari pemerintah pusat di tahun ini adalah 2,5 plus minus 1 persen. Artinya paling rendah 1,5 persen dan paling tinggi 3,5 persen target tahun 2024,” ujar Tito.

Adapun dia menyebut angka inflasi saat ini masih terjaga di angka 2,75 persen. Oleh sebab itu, agar target inflasi tidak terlampaui, dirinya meminta kepala daerah menjaga ketersediaan bahan pokok (bapok) khususnya menjelang Ramadhan tahun ini.

Sebab menurut dia, salah satu faktor yang paling besar mendorong kenaikan angka inflasi adalah kenaikan harga bahan pokok.

Tito tak menampik pada saat Ramadhan tahun ini, bukan hanya persoalan kenaikan harga bapok yang perlu diwaspasi, namun juga ketersediaannya. 

Sebelumnya berdasarkan cacatan Kompas.com pencapaian inflasi tahun 2023 terjaga stabil dan terkendali pada rentang target sasaran 3 plus minus 1 persen. 

Adapun inflasi pada 2023 tercatat sebesar 2,61 persen  (yoy) atau menurun dibandingkan realisasi tahun 2022, yakni sebesar 5,51 persen (yoy). 

https://money.kompas.com/read/2024/03/04/135108726/mendagri-minta-kepala-daerah-jaga-ketersediaan-pangan-jelang-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke