Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proyek RDMP Rampung 2025, Kilang Balikpapan Bakal Jadi Kilang Terbesar Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) di Balikpapan menjadi salah satu proyek dengan investasi terbesar yang dilaksanakan oleh Pertamina saat ini. Jika proyek ini berhasil, Kilang Balikpapan akan jadi kilang terbesar yang dimiliki Pertamina.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen mengatakan, keberhasilan proyek RDMP Balikpapan ini nantinya akan menaikkan kapasitas produksi kilang Balikpapan menjadi 360.000 barrel per hari dari kapasitas awal 260.000 barrel hari. Proyek RDMP Balikpapan ditargetkan selesai pada 2025.

"Dengan kenaikan kapasitas 100.000 barrel per hari, Kilang Balikpapan akan menjadi kilang terbesar yang dimiliki oleh Pertamina," kata Hermansyah melalui keterangan pers, Selasa (2/4/2024).

Ia menambahkan, proyek RDMP Balikpapan merupakan salah satu proyek dengan kompleksitas tinggi. Sebab, KPI harus membangun unit kilang yang baru berdampingan bahkan beririsan dengan kilang eksisting.

"KPI harus memastikan proyek berjalan sementara kilang eksisting tetap harus beroperasi," lanjut Hermansyah.

Ia melanjutkan, proyek RDMP Balikpapan tersebut sedang memasuki milestone baru dengan dilaksanakannya program Turn Arround (TA) Revamp.

"Saat ini KPI memiliki kapasitas pengolahan sekitar 1 juta barrel per hari. TA Revamp yang dilaksanakan oleh KPI saat ini memiliki tujuan untuk mengintegrasikan unit kilang eksisting dengan unit kilang baru hasil pelaksanaan proyek RDMP," lanjutnya.

Pembangunan RDMP Balikpapan merupakan upaya KPI untuk meningkatkan kapasitas produksi kilangnya.

Hermansyah mengatakan, saat ini upaya peningkatan kapasitas kilang terus dilakukan Pertamina.

"Pada periode 2019 hingga 2023, Pertamina telah melakukan peningkatan kapasitas produksi di kilang-kilang eksisting mencapai 126.200 barrel per hari dan meningkatkan produksi produk petrokimia hingga 180.000 ton per tahun," katanya.

Upaya KPI tingkatkan kapasitas produksi kilang

Selain proyek RDMP Balikpapan, KPI juga melakukan beberapa proyek peningkatan kapasitas selama periode 2019 sampai dengan 2023.

Beberapa proyek tersebut di antaranya proyek blue sky Cilacap pada Agustus 2019 yang meningkatkan kapasitas produksi dari 23.000 barrel per hari menjadi 53.000 barrel per hari. Proyek ini juga meningkatkan kualitas produk yang sebelumnya Euro II menjadi setara Euro IV.

Selain itu terdapat proyek RDMP Balongan Phase 1 pada Juni 2022. Pada proyek ini, kapasitas produksi Crude Distilation Unit (CDU) yang sebelumnnya 125.000 barrel perhari berhasil ditingkatkan menjadi 150.000 barrel per hari.

Selain menaikkan kapasitas pengolahan minyak, KPI menyebutkan nanti akan ada tambahan produksi produk petrokimia hingga 225.000 ton per tahun.

"KPI sebagai bagian Pertamina menjadi pilar ketahanan energi dengan produk olahan kilangnya. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas produksi menjadi salah satu strategi perusahaan untuk terus bertumbuh," pungkas Hermansyah.


Sebagai informasi, Lembaga pemeringkat Fitch Ratings sebelumnya menetapkan peringkat BBB dengan "outlook stable" untuk PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero).

Sementara pada Februari 2024 lalu Project Financing RDMP Balikpapan memperoleh penghargaan “Asia Pacific - Petchem Deal of The Year” dalam ajang Project Financing International (PFI) Awards Periode Tahun 2023.

PFI adalah publikasi yang dimiliki oleh London Stock Exchange Group (LSEG) dan merupakan platform paling bergengsi dalam industri project finance secara global.

Penganugerahan Asia Pacific – Petchem Deal of the Year atas Project Financing RDMP Balikpapan tidak terlepas dari nilai pembiayaan project financing proyek tersebut yang mencapai 3,1 miliar dollar AS, atau merupakan yang terbesar di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2024/04/02/152236826/proyek-rdmp-rampung-2025-kilang-balikpapan-bakal-jadi-kilang-terbesar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke