Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produk Reksa Dana Bertema ESG Diyakini Bakal Makin Diminati Investor Muda

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah investor muda semakin bertambah seiring meningkatnya kesadaran anak muda untuk berinvestasi. Diperkirakan, ke depan produk reksa dana bertema Environmental, Social and Governance (ESG) dan keberlanjutan juga akan makin diminati sebab anak muda makin peduli dengan lingkungan.

Data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per September 2023 menunjukkan investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan usia 30 tahun ke bawah dan 31—40 tahun dengan jumlah mencapai lebih dari 80 persen.

Chief Investment Officer PT Insight Investments Management (Insight Investments) mengatakan, pihaknya melihat tren integrasi ESG dan keberlanjutan yang nampak terus mendominasi.

Sebab dengan memilih produk reksa dana bertema ESG, investor secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap berbagai kegiatan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Serta, investor secara tidak langsung berkontribusi dalam upaya-upaya dalam memerangi dampak negatif dari perubahan iklim.

"Hal ini membuat kami meyakini bahwa produk reksa dana berbasis ESG dalam tahun-tahun mendatang akan tetap menjadi salah satu produk favorit bagi para investor, terutama generasi muda," kata Camar melalui keterangan pers, Selasa (2/4/2024).

Sebagai informasi, Insight insight Investments merupakan Manajer Investasi yang seluruh produk reksa dananya memiliki tema CSR. Insight Investments saat ini memiliki produk reksa dana unggulan yang memiliki kontribusi terhadap lingkungan, khususnya EBT, yakni Insight Renewable Energy Fund.

“Sebagai salah satu produk reksa dana yang baru saja memborong penghargaan Best Mutual Funds Award 2024, Insight Renewable Energy Fund punya track record kinerja positif sejak diluncurkan yang mampu mengalahkan benchmark-nya yakni Infovesta Fixed Income Fund Index,” tambah Camar.

Reksa dana bertema ESG lain yang juga diluncurkan awal tahun ini adalah Reksa Dana Manulife Saham Syariah ESG Transisi Global Dolar AS (MAGET) Kelas A2. Reksa dana ini merupakan kolaborasi Manulife Aset Management Indonesia atau MAMI bersama HSBC.

CEO dan President Director MAMI Afifa mengatakan, produk reksa dana ini diluncurkan berfokus pada kegiatan usaha dalam rangka menuju Ekonomi Rendah Karbon dan Transisi Berkelanjutan.

“Reksa dana ini memiliki tema utama transisi energi global, menuju era dekarbonisasi, tujuannya adalah untuk memitigasi perubahan iklim dan pemanasan global di bumi,” kata Afifa.

Dengan demikian, saham-saham di reksa dana ini fokus pada saham-saham energi yang rendah karbon, yang mendukung transisi energi, ketersediaan sumber daya dan efisiensi serta elektrifikasi.

Adapun total dana kelolaan MAMI hingga September 2023 mencapai Rp 102,4 triliun.


Prospek reksa dana ESG 2024

Presiden Direktur BNP Paribas Asset Management Maya Kamdani menilai prospek reksa dana ESG pada 2024 tetap menarik.

Alasannya, reksa dana jenis ini dapat menjadi solusi yang relevan dengan perkembangan pasar saat ini yang semakin sadar terhadap isu keberlanjutan.

Kemudian, peningkatan kesadaran ini pun diharapkan akan mendorong sentimen positif bagi perusahaan-perusahaan yang menjalankan praktik bisnis berkelanjutan dan menjunjung aspek ESG dengan baik.

Selanjutnya, prospek reksa dana berbasis ESG juga didukung oleh dua faktor lainnya, yakni regulasi dan manajemen risiko.

Terakhir, reksa dana berbasis ESG juga selaras dan mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian sustainable finance.

BNP Paribas Asset Management sendiri saat ini memiliki empat reksa dana bertema ESG. Tiga di antaranya merupakan reksa dana yang dikelola dengan active strategy, sedangkan satu sisanya passive indexing.

https://money.kompas.com/read/2024/04/02/201653926/produk-reksa-dana-bertema-esg-diyakini-bakal-makin-diminati-investor-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke