Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Ungkap Tugas dari Jokowi Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai koordinator investasi Apple ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Luhut mengatakan, dirinya ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Presiden Jokowi, kata dia, meminta agar dirinya menindaklanjuti dan mengawal rencana investasi Apple tersebut.

"Dia (Tim Cook) juga mau investasi di Indonesia, dia merintahkan stafnya untuk segera follow up, dan presiden memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia," kata Luhut melalui video yang diunggah di akun Instagram resmi @luhut.pandjaitan, Kamis (18/4/2024).

Luhut mengatakan, Cook menyadari Indonesia sangat potensial dengan jumlah penduduk 282 juta, pertumbuhan ekonomi yang stabil, inflasi yang baik, dan makroekonomi yang baik.

Seluruh aspek tersebut, kata dia, membuat Apple melirik Indonesia untuk berinvestasi.

"Cook katakan Indonesia jadi sasaran kami untuk investasi. saya bilang ke dia 'oke Cook kalau kamu lihat, kalian dapat fasilitas insentif seperti di India dan Thailand, ya kita juga bisa memberikan hal yang sama'," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, pemberian insentif tersebut menjadi perhatian mengingat adanya kompetisi bisnis antar negara.

Ia mengatakan, Apple berpeluang mendapatkan beberapa insentif bila mereka berinvestasi membangun pabrik di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah dan pihak produsen teknologi informasi Apple telah meneken perjanjian investasi terbaru.

Dalam perjanjian tersebut, disepakati bahwa Apple wajib membangun infrastruktur pendidikan atau Apple Developer Academy yang keempat di Indonesia.

"Ini sudah dalam perjanjian kita yang sudah kita tandatangani, Apple mempunyai kewajiban untuk membangun yang (Apple Developer Academy) keempat tahun ini," ujar Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Dan mereka sudah memberikan komitmen. Kemarin sudah ada statemen dari Apple akan dibangun di Bali," ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya, Apple sudah memiliki tiga infrastruktur pendidikan di Indonesia. Ketiganya berada di Tangerang Selatan, Batam dan Surabaya.

Agus menyebutkan, dengan adanya tambahan satu pembangunan Apple Developer Academy ini maka nilai investasi Apple di Indonesia saat ini sekitar Rp 1,6 triliun.

Ke depannya, lanjut Agus, pemerintah meminta kepada Apple untuk membangun Apple Developer Academy di kawasan Indonesia bagian timur.

Agus menyebut Kota Makassar dan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai daerah yang didorong untuk pembangunan infrastruktur itu.

https://money.kompas.com/read/2024/04/18/170800026/luhut-ungkap-tugas-dari-jokowi-jadi-koordinator-investasi-apple-di-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke