Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Ini 3 Aspek yang Jadi Preferensi Penjual dan UMKM Pilih Platform "Live Streaming"

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga pertengahan tahun 2024 ini, berbelanja melalui live streaming atau live shopping masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat.

Kemampuan live streaming dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba
menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen,
terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para
brand lokal dan UMKM.

Dalam survei IPSOS bertajuk “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” tahun 2023,  terlihat situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal III 2023.

Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh jenama lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Ada beberapa aspek yang dicari dan memengaruhi preferensi penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce, yakni sebagai berikut.

1. Fitur live streaming dengan layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli

Live streaming menjadi tren dalam belanja yang kian populer dalam industri e-commerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.

Melalui live streaming, jenama lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen.

Fitur dan layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekedar kegiatan jual beli dan menghadirkan kedekatan antara penjual dengan konsumen.

2. Fitur live streaming yang membantu meningkatkan omzet jenama lokal dan UMKM

Keunggulan fitur live streaming dalam memberikan pengalaman belanja yang
berbeda untuk konsumen, hal ini juga membawa pengaruh terhadap omzet brand
lokal dan UMKM.

3. Fitur live streaming yang memberikan kontribusi dalam pertumbuhan bisnis

Menurut survei IPSOS akhir tahun 2023, para brand lokal dan UMKM di Indonesia yang
menggunakan fitur live streaming e-commerce, mengungkapkan bahwa Shopee Live dengan 64 persen mendominasi posisi sebagai fitur live streaming yang paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh.

Angka ini jauh mengungguli e-commerce lainnya seperti TikTok Shop (27 persen), disusul Lazada (6 persen) dan Tokopedia Play (3 persen).

Berdasarkan survei IPSOS, Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77 persenl.

Angka ini jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19 persen).

Adapun dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26 persen).

Terkait pangsa pasar atau Market Share, Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang
paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang mencapai 18 persen.

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, pada akhir tahun 2023 lalu,
pihaknya melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi
penjual.

"Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru," kata Andi dalam keterangan tertulis, Senin (10/6/2024).

Dia menerangkan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar.

"Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para
penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan
brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya," tutur Andi.

https://money.kompas.com/read/2024/06/10/122934526/ternyata-ini-3-aspek-yang-jadi-preferensi-penjual-dan-umkm-pilih-platform-live

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke