Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Selektif Salurkan Kredit UKM di Solo

Kompas.com - 13/10/2008, 21:02 WIB

SOLO, SENIN - Menyusul terjadinya krisis ekonomi global, kalangan perbankan di daerah bersikap selektif dalam menyalurkan kreditnya, termasuk untuk bisnis mikro. Meski begitu, Pemimpin Kantor Bank Indonesia Solo Dewi Setyowati mengaku optimistis realisasi kredit perbankan di eks Karesidenan Surakarta akan tetap tumbuh hingga akhir 2008.

Manajer Bisnis Mikro Bank Bukopin Cabang Solo Kristianto mengatakan, pihaknya mengetatkan penyaluran kr edit kepada bisnis mikro. Kredit jenis ini di Bukopin besarnya Rp500.000-Rp 150 juta.

"Untuk nasabah lama dan punya riwayat pengembalian kredit baik akan kami utamakan ketimbang nasabah baru. Untuk usaha yang berbahan baku impor seperti tekstil dan usaha yang berorientasi ekspor seperti kerajinan dan mebel untuk sementara ini sangat kami batasi pemberian kreditnya," jelas Kristianto, Senin (13/10).

Menurut Dewi Setyowati, dampak krisis ekonomi global diperkirakan baru akan dirasakan tiga bulan mendatang. Namun i a optimistis realisasi penyaluran kredit akan tetap tumbuh. Dewi memberikan contoh, pada Desember 2007 realisasi kredit oleh bank umum di eks Karesidenan Surakarta sebesar Rp 12,9 triliun. Pada bulan Agustus 2008 nilainya naik menjadi Rp 14,8 triliun.

Selain berdampak pada penyaluran bisnis mikro, kondisi ekonomi global saat ini juga memengaruhi rencana penyaluran kredit us aha rakyat (KUR). Manajer Bisnis Usaha Kecil dan Menengah Bank Bukopin Cabang Solo Retno Wulan mengatakan, sejauh ini krisis ekonomi global memang belum secara langsung berdampak pada penyaluran kredit KUR. Akan tetapi pihaknya tetap bersikap selektif dalam penyalurannya. Untuk bunga KUR, tambah Wulan, sesuai aturan besarnya tidak akan lebih dari 16 persen.

Kepala Divisi Klaim PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) I Nyoman Sulendra mengatakan, sejauh ini aktivitas perbankan dalam penyaluran KUR masih normal, belum menunjukkan penurunan. Askrindo menjadi lembaga penjaminan KUR bagi bank.

Catatan Bank Indonesia, di wilayah eks Karesidenan Surakarta, sejak diluncurkan hingga Agustus 2008 realisasi KUR sudah mencapai Rp 208 triliun yang disalurkan kepada 46.776 debitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com