Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Pindah ke Terminal 3

Kompas.com - 14/04/2009, 18:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Mandala Airlines, mulai Senin (20/4) memindahkan operasional dari Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3. Mandala sudah melayani penumpangnya di terminal 1 C selama 24 tahun.

"Dengan kepindahan ke Terminal 3 ini, Mandala dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi bagi penumpangnya," kata Trisia Megawati, Head of Corporate Communication Mandala Airlines, Selasa (14/4) di Jakarta.

Ia mengatakan, penentuan tanggal kepindahan ini telah direncanakan Mandala dan sudah berkordinasi dengan otoritas bandara yaitu PT Angkasa Pura II. Koordinasi tersebut meliputi hal-hal yang menyangkut perangkat pendukung di sisi operasional yang diperlukan demi kelancaran penerbangan dan kenyamanan penumpang. Saat ini, koordinasi masih terus berlangsung demi kelancaran proses perpindahan ke Terminal 3.

Mandala memiliki rata-rata sekitar 35 jadwal penerbangan per hari dari Jakarta saja ke kota-kota di seluruh Indonesia, seperti ke Kota Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Bengkulu, Denpasar, Jambi, Yogyakarta, Kupang, Medan, Padang, Pangkalpinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, dan Tarakan.

"Dengan desain yang ramah lingkungan serta dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan penumpang, maka Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diharapkan dapat menunjang target penumpang Mandala tahun 2009, yaitu sekitar 5 sampai 6 juta penumpang," tambah Trisia.

Lebih lanjut, Trisia menambahkan bahwa saat ini Mandala menawarkan 550.000 kapasitas kursi setiap bulannya dan kapasitas ini akan terus bertambah seiring dengan datangnya beberapa pesawat Airbus A320 baru pada tahun 2009.

Pada 2007, Mandala telah memesan 30 pesawat Airbus baru senilai 2,3 miliar dollar AS. Mandala juga telah menghentikan penggunaan semua pesawat jenis Boeing dan menjalin kerja sama dengan Singapore Airlines Engineering Company untuk perawatan pesawat.

Mandala kini menawarkan jaringan pelayanan yang luas untuk 17 tujuan penerbangan, dengan menggunakan pesawat yang aman dan armada Airbus A320 dan A319 dengan ketepatan jadwal, kebersihan pesawat terjaga serta penawaran harga yang sangat terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com