Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: BLT seperti Tensoplast

Kompas.com - 29/05/2009, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli menilai program bantuan langsung tunai (BLT) tak jauh beda dengan tensoplast. Program tempelan yang tak berdampak lebih besar daripada perkembangan ekonomi masyarakat sendiri.

"BLT sekarang seperti tensoplast, seperti politik landai pada zaman Belanda. Tapi sari-sari finansialnya mereka yang sedot," tutur Rizal dalam diskusi yang membenturkan isu ekonomi neoliberal dan kerakyatan di Gedung DPD RI, Jumat (29/5).

Menurut Rizal, BLT justru bukan menjadi jawaban bagi permasalahan yang sebetulnya ingin dijawab pemerintah SBY-JK, yaitu kemiskinan. Proses pemiskinan struktural terus terbentuk dan lebih besar dampaknya daripada dampak BLT itu sendiri di tengah-tengah masyarakat.

Ia juga menambahkan, utang negara juga terus bertambah meski pemerintah kerap berkilah bahwa kondisi perekonomian Indonesia cenderung stabil. Memang benar stabil, ungkap Rizal, tetapi stabil karena terus berutang.

"Kita memang stabil karena utang. Memang gampang kalau menjaga kestabilan dengan utang. Nah, naga-naganya kalau incumbent terpilih lagi, akan menambah utang," tandas Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com