Jakarta Punya JORR, Bogor Punya BORR

Kompas.com - 01/09/2009, 12:29 WIB
Editor

BOGOR, KOMPAS.com — Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi I akan dioperasikan menjelang musim arus mudik mendatang. Saat ini kondisi jalan tol tersebut dapat dilintasi mulai dari Sentul selatan (Babakan Madang, Kabupaten Bogor) ke Jalan Soleh Iskandar (Bogor utara, Kota Bogor).

Memang pemerintah minta agar pembangunan jalan tol seksi pertama ini bisa selesai menjelang arus mudik. "Kami tidak keberatan karena kami mau jalan tol ini bisa segera beroperasi. Mau kami, begitu dioperasikan, pengguna jalan tol langsung bayar juga," kata Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Poncoyono Sudiro, Selasa (1/9).

Sudiro bersama seluruh stafnya sedang menanti kedatangan Boediono, wakil presiden terpilih, yang akan meninjau perkembangan pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Bogor tersebut. Boediono dijadwalkan akan ke lokasi proyek sekitar pukul 13.00 ini.

Menurut Sudiro, sebelum ada permintaan percepatan penyelesaian jalan tol seksi I ini, pihaknya juga memang ngebut menyelesaikan pembangunannya karena ingin memanfaatkan musim panas saat ini sebaik-baiknya.

"Secara teknis, cuaca Bogor hanya memberi waktu tiga sampai empat bulan dalam setahun, untuk waktu yang tepat melaksanakan pembangunan jalan. Selebihnya, Bogor hujan melulu," katanya.

PT Marga Sarana Jabar adalah pemilik dan pengelola Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Saham perusahan tersebut dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Jasa Marga. Investasi untuk seksi pertama ini, dengan jalan sepanjang 4 kilometer, mencapai Rp 460 miliar. "Tarif tolnya yang kami usulkan ke pemerintah Rp 3.500 untuk sekali masuk," kata Sudiro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.