Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Jakarta Tetap Akan Padam

Kompas.com - 09/11/2009, 06:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.comMeskipun perbaikan trafo Gandul dan Kembangan, Jakarta Barat, selesai pada Minggu (8/11), Senin ini masih akan ada pemadaman listrik di Jakarta. Pemadaman dilakukan karena kebutuhan daya listrik di Jakarta dan sekitarnya tinggi, sedangkan pasokan belum normal.

Hal itu disampaikan Widodo Budi Nugroho, Manajer Bagian Distribusi PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang.

Kebutuhan daya listrik di Jakarta dan sekitarnya makin tinggi, sementara pasokan dari PLN Disjaya Tangerang belum normal pascaledakan trafo di Cawang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Menurut Widodo Budi Nugroho pada Minggu malam, wilayah yang akan mengalami pemadaman pada Senin pukul 09.00-12.00 dan pukul 12.00-17.00 adalah sebagian wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan sebagian kecil Jakarta Pusat. Untuk lebih jelasnya, pelanggan dapat mengeceknya di website PLN Disjaya Tangerang. Selain itu, pihak PLN juga akan mengumumkannya lewat radio.

Kekurangan pasokan pada Senin pagi diperkirakan mencapai sekitar 50 megawatt (MW), sedangkan pada siang hingga sore diperkirakan 150 MW. Kondisi tersebut merupakan akibat dari tingginya permintaan daya listrik dari rumah tangga dan industri di Jakarta dan sekitarnya.

Kelebihan beban

Wilayah Jakarta dan Tangerang beberapa kali terkena pemadaman bergilir PLN. Terakhir, Sabtu, pelanggan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Tangerang mengalami pemadaman. Sebagian warga marah besar karena pemadaman berlangsung lebih dari empat jam.

Sampai dengan menjelang tengah malam, warga mengeluhkan kondisi mereka ke stasiun radio yang menyiarkan secara langsung.

”Kalau pemadaman kemarin, memang di luar perkiraan kami. Pihak kami juga sedih dengan kerusakan yang terjadi akhir-akhir ini,” tutur Widodo.

Penyebab utama kerusakan, menurut juru bicara PT PLN Disjaya Tangerang itu, pada intinya adalah karena ada kelebihan beban pada interbase transformer (IBT) atau pintu masuk penampung pasokan listrik sebesar 500 kilovolt dari Jawa-Bali ke Jakarta. IBT itu terletak di Tanjung Priok dan Muara Karang, Jakarta Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com