Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkshire Pangkas Karyawan

Kompas.com - 28/12/2009, 08:16 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Jumlah pegawai Berkshire Hathaway menyusut sepanjang 2009. Melalui laporannya tentang rencana akuisisi perusahaan kereta api Burlington Northern Santa Fe Corp. yang disampaikan ke otoritas bursa saham, akhir pekan lalu, perusahaan investasi tersebut, menyatakan, jumlah pegawai seluruh grup sebanyak 225.000.

Total karyawan terkini perusahaan yang berbasis di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat (AS) itu lebih sedikit 8,6 persen dibanding jumlah per akhir 2008, yaitu 246.083. Perusahaan yang dikendalikan Warren Buffet itu belum menjelaskan alasan pengurangan jumlah pegawai.

Berkshire layak disebut potret korporasi AS. Perusahaan investasi milik orang terkaya kedua di dunia itu, menebar investasi di berbagai sektor, mulai dari ritel, manufaktur hingga transportasi.

Pemberhentian karyawan di Berkshire adalah wajah muram ekonomi Negeri Paman Sam, setelah krisis finansial global. Perusahaan itu memutus kontrak kerja karena menanggung rugi. Ambil contoh, divisi manufaktur Berkshire menderita penurunan laba lebih dari separuh hingga akhir kuartal ketiga tahun ini.

Dalam rapat pemegang saham Berkshire, Mei lalu, Buffet mengakui, pemangkasan jumlah karyawan tidak bisa dihindari. "Di saat bisnis ramai, Anda akan mempekerjakan lebih banyak orang daripada di masa bisnis lesu," ujar Buffet dalam pidatonya di depan para karyawan Burlington, awal bulan ini.

Pemberhentian tidak hanya menyasar para karyawan menengah ke bawah, tetapi juga hingga ke jajaran pimpinan. Buffet telah mengganti chief executive officer (CEO) di anak perusahaan Berkshire, yaitu NetJets dan Helzberg Diamond Shops.

Pergantian pimpinan di NetJets, penyedia jasa carter pesawat, terjadi Agustus lalu. Dan pergantian CEO Helzberg, ritel berlian, berlangsung pada bulan April.

Fruit of The Loom merupakan perusahaan Buffet yang memberhentikan karyawan terbanyak. Produsen t-shirt yang memiliki basis produksi di El Salvador itu memecat 3.000 pekerja pabrik, Maret lalu, karena penurunan order.

Fruit of The Loom merupakan unit usaha Berkshire dengan karyawan terbanyak. Mengutip laporan keuangan Berkshire per akhir 2008, Fruit of The Loom memperkerjakan 34.000 karyawan.  (Thomas Hadiwinata/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com