Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Rasio Utang Turun ke 24 Persen

Kompas.com - 22/01/2010, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Target rasio utang pemerintah terhadap produk domestik bruto atau PDB akan terus diturunkan dari 30 persen pada tahun 2009 menjadi 24 persen pada tahun 2014. Itu artinya, ketergantungan Indonesia terhadap utang dalam membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN akan semakin kecil.

Wakil Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuo mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Jumat (22/1/2010).

Menurut Lukita, penurunan rasio utang tersebut sudah memperhitungkan kenaikan defisit pada APBN setiap tahunnya. Adanya defisit pada APBN menunjukkan bahwa pemerintah belum bisa melepaskan diri dari utang dalam menutup kekurangan pembiayaan anggaran belanja negaranya.

"Meskipun demikian, utang yang akan kami ambil, kami prioritaskan dari surat utang negara bukan dari pinjaman luar negeri. Surat utang negara itu pun akan diprioritaskan diterbitkan di dalam negeri," ungkapnya.

Dengan rasio utang terhadap PDB sebesar 30 persen, hingga November 2009, nominal utang pemerintah mencapai Rp 1.618,54 triliun. Secara nominal, utang pemerintah itu masih lebih rendah dibandingkan nominal utang tahun 2008 yang mencapai Rp 1.636,74 triliun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com