Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Group Dapat 300 Juta Dollar AS dari JBIC

Kompas.com - 30/03/2010, 14:03 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — CIMB Group Holdings Berhad dan Japan Bank for International Cooperation atau JBIC, Selasa (30/3/2010), menandatangani perjanjian pemberian fasilitas kredit jangka panjang senilai 300 juta dollar AS untuk dunia usaha di negara-negara ASEAN.

"Dipilihnya CIMB Group sebagai mitra pertama yang menyalurkan fasilitas pembiayaan ini kepada sejumlah negara di ASEAN merupakan pengakuan yang membanggakan atas perkembangan yang pesat sebagai sebuah jaringan regional, dan yang lebih dari itu, akan meningkatkan value proposition bisnis secara regional,” kata Group Chief Executive CIMB Group Dato’ Sri Nazir Razak, dalam sambutan pembukaannya di acara penandatanganan kerja sama tersebut hari ini, seperti siaran pers yang diterima Kompas.com.

Fasilitas kredit ini merupakan yang terbesar yang diberikan JBIC kepada lembaga
keuangan umum dan yang pertama disalurkan kepada berbagai perusahaan di satu
kawasan melalui satu lembaga keuangan.

Sementara itu, Resident Executive Officer for Asia and Oceania JBIC Ryuichi Kaga menjelaskan, alasan utama pihaknya memutuskan untuk bekerja sama dengan CIMB
dalam penyaluran fasilitas kredit JBIC ASEAN adalah karena CIMB Group memiliki
jaringan regional.

"Melalui posisi CIMB Group sebagai bank universal terkemuka di kawasan ASEAN,
JBIC dapat memperluas akses dan menawarkan fasilitas meski secara tidak
langsung kepada perusahaan lokal di semua negara ASEAN," ungkap Kaga.

Disebutkanya, tujuan utama program JBIC ASEAN Facility ini adalah untuk penyediaan dana dan memberikan bantuan keuangan tidak hanya bagi perusahaan Jepang, tetapi terutama juga bagi perusahaan setempat yang melakukan transaksi usaha dengan perusahaan Jepang di negara berkembang di kawasan ASEAN.

Fasilitas JBIC ASEAN juga diharapkan dapat meningkatkan jalinan usaha antara negara-negara berkembang di kawasan ASEAN dan Jepang serta membantu kesinambungan
pemulihan ekonomi ASEAN.

"Dengan menggandeng CIMB Group sebagai mitra, JBIC dapat masuk secara lebih
efisien ke perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di kawasan ASEAN,
khususnya di Malaysia, Indonesia, dan Thailand melalui jaringan perbankan ritel
terbesar dan memanfaatkan jaringan kerja sama dan pengalaman yang dimiliki bank
investasi lokal di bawah CIMB Group,” kata Nazir.

Pinjaman tersebut akan disalurkan melalui perusahaan regional CIMB Group–CIMB Bank, CIMB Niaga, dan CIMB Thai. Perusahaan di negara-negara ASEAN yang memenuhi persyaratan dapat mengajukan kredit jangka panjang dengan bunga khusus dalam mata uang
lokal atau asing guna membiayai rencana ekspansi usaha atau untuk memenuhi kebutuhan modal kerja.

Turut hadir pada acara penandatanganan kerja sama tersebut, antara lain, Duta Besar Jepang untuk Malaysia YM Masahiko Horie, Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid, dan Presiden dan Chief Executive Officer CIMB Thai Subhak Siwaraksa.

Nota perjanjian kerja sama juga ditandatangani antara unit usaha CIMB Group di kawasan regional dan JBIC yang memungkinkan untuk institusi tersebut menyalurkan fasilitas JBIC ASEAN ini untuk nasabah bisnis dan korporasi mereka.

Untuk diketahui saja, bisnis CIMB Group dijalankan melalui tiga badan usaha, yaitu CIMB Bank, CIMB Investment Bank, dan CIMB Islamic. CIMB Group merupakan pemegang saham mayoritas Bank CIMB Niaga di Indonesia dan pemegang saham tunggal terbesar CIMB Thai di Thailand.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com