BI Bakal Luncurkan Pecahan Rp 1.000 Baru

Kompas.com - 18/06/2010, 08:54 WIB
EditorErlangga Djumena

BOGOR, KOMPAS.com — Dua ikon Jawa Barat, Gedung Sate dan alat musik angklung, menjadi relief atau gambar pada uang pecahan logam Rp 1.000 yang akan diluncurkan oleh Bank Indonesia.

"Gedung Sate dan angklung menjadi gambar pada uang logam pecahan Rp 1.000. Uang itu akan segera menjadi alat pecahan yang sah," kata seorang pejabat Kantor Bank Indonesia Bandung, Naek Tigor Sinaga, pada workshop pengendalian inflasi di Bogor, Jumat (18/6/2010).

Gedung Sate merupakan gedung bersejarah peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang saat ini dipergunakan menjadi Kantor Gubernur Jawa Barat. Gedung itu memiliki ciri khas "tusuk sate" di atas menara utamanya.

Sementara angklung merupakan alat musik bambu tradisional asal Jawa Barat yang dikembangkan oleh seniman asal daerah itu, alm Udjo Ngalagena. Angklung saat ini diusulkan menjadi salah satu warisan dunia.

Peluncuran alat bayar pecahan logam yang akan dikeluarkan oleh Bank Indonesia tersebut rencananya dilakukan pertengahan Juli 2010 oleh Gubernur Bank Indonesia dan Gubernur Jawa Barat di Kantor Bank Indonesia Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung.

"Uang pecahan itu akan menggantikan uang pecahan logam Rp 1.000 yang lama. Uang logam pecahan lama tetap berlaku sebagai alat pembayaran, namun setelah masuk BI tidak akan diedarkan lagi," kata Tigor yang juga Peneliti Ekonomi Madya Kantor BI Bandung.

Adapun uang pecahan kertas Rp 1.000 bergambar Kapitan Patimura dan Pulau Matira dan Tidore tetap berlaku sebagai alat pembayaran di masyarakat. Uang logam pecahan berelief Gedung Sate dan angklung itu akan menjadi uang pecahan logam Rp 1.000 kedua.

Selain itu, Bank Indonesia dikabarkan juga akan menerbitkan uang pecahan kertas Rp 10.000 dengan warna baru sehingga sekilas tidak keliru dengan uang pecahan Rp 100.000 yang sama-sama berlatar warna merah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.