Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepuluh Pemimpin Perusahaan Terpilih

Kompas.com - 05/11/2010, 04:34 WIB

Jakarta, Kompas - Chief executive officer terbaik 2010 versi majalah SWA berdasarkan hasil survei akhirnya menunjuk CEO PT Bank Syariah Mandiri Yuslam Fauzi di peringkat pertama.

Peringkat kedua diraih CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, peringkat ketiga CEO XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi.

Survei The Best CEO Indonesia 2010 diselenggarakan SWA berkolaborasi dengan Synovate dan Dunamis Intermaster. Pemilihan CEO terbaik ini dilihat dari dua parameter (CEO Index), yakni kepemimpinan dan komitmen karyawan.

Hasil survei tersebut disampaikan pada malam penganugerahan The Best CEO 2010 di Jakarta, Kamis (4/11). Hadir pula Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto.

Indeks kepemimpinan

Kemal Effendi Gani, Pemimpin Umum Majalah SWA, mengatakan bahwa banyak CEO di negeri ini. Karyawan dan mitra kerja menilai pemimpin karena karyawan dan mitranya mengetahui persis pemimpin dan perkembangan perusahaannya.

”Leadership merupakan faktor terpenting dalam mengembangkan bisnis. Hasil survei itu dijadikan best practice,” katanya.

Direktur Pengelola Synovate (Indonesia) Robby Susatyo menjelaskan, pemilihan CEO diambil dari 300 kandidat. Dari hasil seleksi, terpilih 111 nama CEO. Namun, hanya 27 perusahaan yang bersedia disurvei secara detail melalui karyawannya.

Indeks kepemimpinan dan komitmen karyawan juga menyertakan penilaian berupa indeks kepercayaan karyawan dan pandangan pada unsur eksekusi atas strategi yang dibuat pemimpin.

Peringkat CEO terbaik urutan ke-4 hingga ke-10 adalah CEO Federal International Finance (FIF) Suhartono, CEO Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Eko Budiwiyono, CEO Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) Wishnutama, serta CEO Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk Joko Mogoginta.

Selanjutnya, CEO Telekomunikasi Indonesia Tbk Rinaldi Firmansyah, CEO GMF Aeroasia Richard Budihadianto, dan peringkat ke-10 CEO Mercedes- Benz Indonesia Rudi Borgenheimer. (OSA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com