Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Menuju Rekor Tertinggi

Kompas.com - 03/01/2011, 15:17 WIB

DUBAI, KOMPAS.com — Permintaan minyak dunia melonjak dua kali lipat melampaui suplai yang tersedia. Data Departemen Energi AS menunjukkan, pengguna minyak dunia akan naik 1,7 persen menembus rekor menjadi 87,8 juta barrel per hari. Sementara tingkat produksi minyak hanya naik sebesar 0,9 persen.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, proyektor minyak paling akurat di 2010 Sanford Bernstein & Co kembali memprediksi adanya kenaikan harga emas hitam menembus level tertinggi di 2011.

Menurut analis Bernstein, rata-rata kontrak harga minyak akan menembus level 90 dollar AS per barrel. Sementara itu, Natixis Bleichroeder Inc, yang juga memiliki keterkaitan dengan Bernstein, melihat, harga minyak akan menyentuh posisi 100 dollar AS per barrel, atau 26 persen lebih tinggi dari posisi 2010.

"Kami memprediksi OPEC akan menaikkan tingkat produksinya sehingga mengurangi kapasitas cadangan minyak yang sangat memengaruhi pergerakan harga," ujar Oswald Clint, Bernstein Head Oil Analyst di London.

Sementara itu, berdasarkan nilai tengah 34 analis yang disurvei Bloomberg, harga minyak di NYMEX akan berada di posisi 87 dollar AS per barrel di 2011. Ini merupakan level tertinggi sejak ditembusnya rekor pada posisi 99,75 dollar AS yang dicapai tahun 2008 dan 40 persen lebih tinggi ketimbang harga rata-rata harga minyak di 2009 di posisi 62,09 dollar AS . (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com