Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Karawaci Mulai Bangun Siloam Makassar

Kompas.com - 06/01/2011, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pengembang properti Lippo Karawaci mulai membangun RSU Siloam Makassar senilai 26 juta dollar AS di kota Makassar, Sulawesi Selatan, ibukota provinsi yang menjadi gerbang Indonesia Timur, dan daerah dengan pertumbuhan tercepat di negeri ini.

Rumah sakit ini akan menjadi rumah sakit Lippo Karawaci kedelapan dan akan berfungsi sebagai pusat rumah sakit rujukan untuk mendukung jaringan rumah sakit di provinsi-provinsi bagian timur Indonesia, dari Sulawesi, Maluku, NTT dan Papua. RS Siloam Makassar dijadwalkan beroperasi Desember 2011 dan akan menjadi rumah sakit paling modern di seluruh kawasan Indonesia Timur, serta akan mengubah layanan kesehatan dan kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.

Peletakan batu pertama Siloam Makassar dijadwalkan dilakukan hari Jumat (7/1/11) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPHn Dr. PH dan Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, dihadiri masyarakat, kalangan bisnis dan pejabat pemerintah. Pada saat yang sama dilakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) perjanjian kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, fakultas kedokteran terbesar dan ternama di Indonesia Timur.

Investasi LPKR akan meliputi perlengkapan medis yang akan mengubah kualitas layanan kesehatan di wilayah ini. Perlengkapan tersebut mencakup MRI 1,5 Tesla terbaru, CT-Scan 128-slice, Cath-Lab dan mesin Ultrasound 4D terbaru. Rumah sakit ini akan dilengkapi Trauma Darurat dan Medivac (evakuasi medis) dengan layanan ambulans Hospital On-Wheels lengkap dengan layanan hemodialisa dan kemoterapi.

Selain itu, rumah sakit ini akan diakui secara internasional dan memiliki protokol berbasis evidence pada layanan klinis dan pengendalian infeksi, serta tele-medicine atau format lain dari komunikasi digital yang memungkinkan rumah sakit mengakses sumber daya spesialisasi klinis terbaik pada pusat kompetensi Siloam Hospitals dan juga jaringan internasional yang dimiliki.

Rumah sakit ini akan dibangun dalam dua tahap dan ketika selesai pembangunannya akan memiliki total 750 dokter, spesialis dan staf klinis, dengan 350 tempat tidur, 56 Out-Patient Suites, 6 Operating Theater, and spesialisasi di bidang Kardiologi, Neurologi, Onkologi dan Ortopedik. Luas tanah dan bangunan rumah sakit ini masing-masing 10.000 dan 12.000 meter persegi, seluruhnya dimiliki rumah sakit dan memiliki ruang yang cukup untuk ekspansi selanjutnya. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com