Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Optimistis Ekonomi Dunia Bisa Bertahan

Kompas.com - 23/02/2011, 10:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Konflik Timur Tengah dan Afrika Utara yang meruncing membuat harga minyak dunia kian membubung tinggi. Hari ini, Rabu (23/2/2011), di New York, kontrak harga minyak untuk pengantaran April naik 2 dollar AS menjadi 100 dollar AS per barrel. Sementara di London, harga minyak jenis Brent naik ke posisi 108,57 dollar AS,  level penutupan tertinggi sejak September 2008.

Meskipun demikian, salah seorang petinggi Dana Moneter Internasional (IMF) optimistis perekonomian dunia bisa bertahan dari kenaikan harga minyak tersebut. "Kejadian ini tidak akan memberi perubahan substansial atas outlook perekonomian global," sebut  John Lipsky, first deputy managing director IMF.

John meramal, harga rata-rata minyak akan berada di level 95 dollar AS per barrel tahun ini. Sementara, tingkat pertumbuhan ekonomi global akan mencapai 4,4 persen di 2011.

Sekadar tambahan, ketegangan politik yang menyebar dari Tunisia, Yaman, Algeria, Bahrain, dan Iran dalam empat minggu belakangan memang langsung berdampak pada harga minyak. Padahal, ekonomi dunia baru saja pulih dari jurang resesi paling hebat dalam 50 tahun terakhir.

Setidaknya 250 orang tewas di Libya dalam bentrokan pelaku demonstran dengan pihak militer di Tripoli. Libya sendiri menyumbang 4,6 persen dari suplai minyak OPEC dengan total 29,4 juta barrel per hari. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com