Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mewah Ramai-ramai Beralih ke Premium

Kompas.com - 18/03/2011, 11:37 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Melambungnya harga bahan bakar beroktan di atas 92, seperti pertamax dan pertamax plus produksi Pertamina, telah memaksa pemilik mobil mewah di Bali beralih menggunakan premium, yang harganya lebih murah.

Meski harus rela suara dan performa mesinnya tak semulus ketika menggunakan pertamax atau pertamax plus, para pengendara mobil mewah ini menganggap harga premium lebih masuk akal.

"Dulu waktu pakai pertamax tarikan lebih kencang, dan emisi bersih. Namun sekarang ya tahu sendirilah gimana kalau pakai premium," ujar Gungde, salah seorang pengendara mobil jenis citycar yang beralih ke premium. "Tapi sekarang agak berat karena naik terus, jadi terpaksa ganti premium," imbuh mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Denpasar ini saat ditemui Kompas.com di SPBU Jalan Melati, Denpasar, Jumat (18/3/2011).

Sama halnya dengan Gung De, Yogi yang merupakan pengemudi sebuah jip mewah juga mengeluh dengan kenaikan harga pertamax. "Malas pakai pertamax lagi, mahal," ucapnya singkat saat ditemui di SPBU kawasan Renon, Denpasar. Yogi telah beralih ke premium sejak harga pertamax mulai melonjak tajam.

Menurut salah seorang petugas SBPU Jalan Melati, Denpasar, dalam sebulan ini hampir setiap minggu harga pertamax dan pertamax plus naik. "Dulu Rp 7.500, terus Rp 8.550 sekarang Rp 9.200," kata I Ketut Kariana.

Per tanggal 15 Maret 2011, Pertamina Bali resmi merilis harga baru, yakni Rp 9.200 per liter untuk jenis pertamax dan 9.300 untuk pertamax plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com