Serbia Pasar Potensial Kakao dan Sawit Indonesia

Kompas.com - 20/05/2011, 13:52 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan, Mahendra Siregar menyebutkan negara-negara Eropa Timur dan Tenggara, khususnya Serbia, potensial sebagai pasar dari produk kakao dan kelapa sawit Indonesia.

"Kami melihat Serbia merupakan salah satu potensi yang besar (bagi produk kakao dan kelapa sawit Indonesia)," sebut Mahendra di sela-sela pemaparan mengenai perkembangan harga bahan pangan pokok, di Jakarta, Jumat ( 20/5/2011 ).

Hal tersebut dikemukakannya setelah melakukan kunjungan ke sejumlah negara di kawasan tersebut, bersama dengan sejumlah pengusaha di kedua industri tersebut. "Kami didampingi oleh pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidang kakao dan sawit, yang sudah melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk menjajaki pembukaan pintu-pintu masuk langsung ke kawasan itu," sebutnya.

Selain penyaluran produk ke negara tersebut, lanjut dia, daerah itu dapat juga dijadikan sebagai transhipment, yaitu tempat untuk distribusi ke seluruh wilayah di Eropa Timur tersebut. "Bahkan bukan tidak mungkin pada gilirannya nanti bisa masuk ke Eropa Barat," ungkapnya. Mengingat jalur transportasi darat dan sungai di Eropa berada dalam kondisi yang sangat baik.

Menurut Mahendra, upaya perluasan pasar ini sebagai bentuk rasa percaya diri akan telah berkembangnya produk olahan kakao juga kelapa sawit.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X