Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA Prihatin Mogok Pilot Garuda

Kompas.com - 29/07/2011, 04:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Indonesia (INACA) menyatakan keprihatinannya atas mogok terbang setengah hari yang dilakukan anggota Asosiasi Pilot Garuda (APG).

"Itu salah satu pernyataan sikap INACA dalam pertemuan tahunan 2011 terhadap aksi mogok itu," kata Sekjen INACA, Tengku Burhanuddin, kepada pers seusai Rapat Pertemuan Tahunan Asosiasi itu di Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Tengku menyatakan sangat memahami bahwa mogok pilot dijamin undang-undang. Akan tetapi, hal itu hendaknya ditempuh sebagai langkah terakhir. "Selama masih bisa dinegosiasikan dengan manajemen, mengapa harus mogok," katanya.

INACA berharap ke depan hal itu tak terjadi lagi karena pengguna jasa lebih dirugikan. "Indonesia memang kekurangan pilot, tetapi jangan setiap ada masalah diselesaikan dengan mogok," katanya.

Tengku juga menyatakan keheranannya terhadap apa yang terjadi dengan APG karena maskapai anggota INACA lainnya juga banyak menggunakan pilot asing. "Ini ada apa? Maskapai lain, yang juga banyak menggunakan pilot asing, tak ada masalah," katanya.

Tengku juga membenarkan, aksi mogok itu tidak hanya menyebabkan kerugian bagi pengguna jasa, tetapi juga bagi operator.

Aksi mogok yang dimulai pukul 00.01 WIB, Kamis, itu telah berakhir setelah ada pertemuan yang dimediasi oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar. Persoalan dan pembahasan permasalahan penyebab mogok antara manajemen Garuda dan APG akan dituntaskan sebelum Lebaran tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com