Pemerintah Optimis Ekspor Capai 200 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 02/08/2011, 16:21 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah yakin dapat mencapai total ekspor baik migas dan non-migas sebesar 200 miliar dollar AS pada tahun 2011. Ini mengingat total kumulatif ekspor selama semester pertama tahun ini telah mencapai hampir setengah dari angka tersebut.

"Pemerintah mengupayakan ekspor tahun ini mencapai 200 miliar dollar AS atau jauh lebih tinggi dari target semula yang ditetapkan pada awal tahun sebesar 168 miliar dollar AS," ungkap Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Selasa (2/8/2011).

Pada semester awal tahun ini, ia menyebutkan perolehan total ekspor telah mencapai 98,6 miliar dollar AS. Angka tersebut naik cukup signifikan sebesar 36 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dari total ekspor tersebut, ekspor non-migas mendominasi dengan perolehan sebesar 79,1 miliar dollar AS pada semester awal ini.

Ia mengaku rasa optimisme tinggi karena biasanya ekspor semester kedua cenderung lebih tinggi dari semester pertama. Ekspor tahunan pun terus bertumbuh rata-rata sebesar 30 persen per tahunnya. "Jika pergerakan ekspor tahunan tumbuh di atas 30 persen maka ekspor tahun ini dapat menembus lebih dari 200 miliar dollar AS," tambah dia.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, di Jakarta, Selasa, juga menyatakan hal serupa. Ia yakin jika ekspor nasional bisa mencapai angka tersebut. "Ekspor dengan angka mendekati 19 miliar dollar AS atau 19 miliar dollar AS sekian itu menunjukkan bahwa peluang kita untuk mencapai (total ekspor nasional sebesar) 180-190 miliar dollar AS atau bahkan mungkin 200 dollar AS tahun ini bisa saja tercapai. Walaupun impor juga meningkat tapi tetap surplus neraca perdagangan kita," ujar Hatta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X