Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Terus Pantau Kondisi Global

Kompas.com - 19/08/2011, 20:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia tetap akan memantau perkembangan ekonomi global di Amerika Serikat dan Eropa. Termasuk memantau dampaknya terhadap pasar keuangan di dalam negeri Indonesia.

"Dari awal kita yakin ada pengaruh, tapi temporer. Dan, kita yakin bisa menjaga stabilitas pasar keuangan kita," kata Direktur Riset dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo, Jumat (19/8/2011) di Jakarta.

Perhatian BI, menurut Perry, terutama pada pasar valuta asing. BI juga terus berada di pasar, memantau dan melakukan intervensi untuk menjaga nilai tukar rupiah.

Kurs tengah BI pada hari ini, nilai tukar rupiah pada posisi Rp 8.558 per dollar AS. Posisi tersebut melemah 25 poin dibandingkan hari Kamis (18/8/2011).

Mengenai kondisi perbankan Eropa saat ini, Perry menyatakan, BI memantau dan mengkaji dampak dan potensi penularan. Apalagi, kondisi ekonomi yang memburuk ini menjalar ke sejumlah negara di Eropa, yang juga berdampak terhadap obligasi di pasar keuangan.

"Akan terjadi perubahan persepsi investor, setidaknya investor akan lebih hati-hati terhadap Eropa," katanya.

Dengan kondisi Eropa yang tidak terlalu baik, maka dana-dana akan bergerak ke AS dan emerging market. Dengan demikian, capital inflow ke emerging market akan tetap terjadi. Untuk Indonesia saja, capital inflow tahun ini diperkirakan mencapai 12 miliar dollar AS.

Gubernur BI Darmin Nasution yang ditanya soal kondisi global saat ini berpendapat, keraguan dan kekhawatiran di pasar keuangan masih ada. Salah satu penyebabnya, kesempatan kerja di AS belum membaik. "Ini yang membuat pasar mulai ragu lagi," ujar Darmin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com