Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla: Otonomi Tidak Sesuai Azas

Kompas.com - 07/09/2011, 12:28 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, otonomi tidak sesuai azasnya. Akibatnya, otonomi belum memberi manfaat maksimal kepada masyarakat.

Kalla mengatakan, azas otonomi adalah agar setiap daerah berkompetisi dengan potensi masing-masing. Kompetisi itu akan mendorong perbaikan taraf hidup masyarakat.

"Sekarang, otonomi lebih banyak diartikan hak memberikan izin oleh daerah, bukan kewajiban menyejahterakan masyarakat. Otonomi bukan sekadar hak memberi izin, melainkan kemampuan memberi nilai tambah pada potensi daerah," ujarnya di Pangkal Pinang, Rabu (7/9/2011).

Keinginan memberikan izin itu dikhawatirkan mendorong pemekaran tanpa memperhatikan kemampuan daerah. Banyak pemerintah daerah lebih sibuk melayani diri sendiri dibandingkan melayani rakyat.

"Ide dasar otonomi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya. Namun, ide itu sulit direalisasikan dengan struktur birokrasi sekarang. Mayoritas anggaran daerah dihabiskan untuk anggaran rutin.

"Hanya tersisa sedikit anggaran untuk pembangunan. Akibatnya, di mana-mana jalan rusak, tidak ada dana perbaikan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com