Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

Kompas.com - 14/09/2011, 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perum Pegadaian akan menerbitkan obligasi senilai Rp 1 triliun pada Oktober 2011. Ini merupakan tahap awal dari obligasi berkelanjutan senilai Rp 2 triliun.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, Rabu (14/09/2011), 70 persen dana akan dialokasikan untuk mengurangi beban utang perusahaan dan sisanya untuk menambah modal kerja.

Obligasi tahap pertama itu akan diterbitkan dalam delapan seri dengan jumlah dan tingkat suku bunga yang tetap dan atau mengambang dengan nominal Rp 1 triliun dengan jangka waktu pengembalian maksimal 10 tahun. Sementara tingkat bunga masing-masing obligasi itu masih akan ditentukan perseroan setelah selesainya proses bookbuilding.

Pegadaian telah memperoleh peringkat double A plus (AA+) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Pegadaian menunjuk Bahana Securities dan PT Danareksa Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi. Bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Mega Tbk.

Pegadaian sebelumnya telah 13 kali menerbitkan obligasi. Obligasi terakhir diterbitkan tahun 2009 senilai Rp 1,5 triliun. Kali ini Pegadaian akan menggelar masa penawaran awal di 14-23 September 2011dan tanggal efektif diperkirakan pada 29 September 2011 dilanjutkan dengan masa penawaran pada 3-6 Oktober 2011.

Masa penjatahan jatuh pada 7 Oktober 2011 dilanjutkan dengan distribusi elektronik pada 11 Oktober. Obligasi bakal dicatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 12 Oktober 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com