Pilot Itu Sudah Lama Kenal Narkoba

Kompas.com - 12/01/2012, 18:06 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pilot Lion Air berinisial Han yang kedapatan sedang pesta sabu di sebuah tempat karaoke di Hotel Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (10/1/2012) ternyata sudah lama mengonsumsi narkotika.

Sebelum mengenal sabu, Han mengaku sudah akrab dengan ekstasi. Hal tersebut diakui Han di hadapan penyidik Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Berdasarkan pengakuannya, yang bersangkutan (pilot Han) sudah mengenal ekstasi lebih dulu sebelum menggunakan sabu," ungkap Direktur Penindakan Narkotika Alami BNN, Brigadir Jenderal Benny Mamoto, Kamis (12/1/2012), saat dihubungi wartawan.

Dikatakan Benny, Han sudah mengenal ekstasi bertahun-tahun lalu. "Kalau dibilang berapa lama dia pakai ekstasi, pokoknya sebutannya tahunan-lah," ucap Benny.

Han kini diperiksa di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur. Polisi masih mendalami peran Han apakah hanya sebatas mengonsumsi atau juga mengedarkan narkoba.

Benny juga mengaku belum bisa menyimpulkan apakah sabu yang ditemukan di dalam tas Han adalah barang impor atau bukan. "Masih kami kembangkan lagi, termasuk asal-usul narkobanya," papar Benny.

Sekitar tiga minggu lalu, BNN mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada oknum pilot Lion Air yang suka mengonsumsi narkoba.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah ditelusuri, ternyata pilot itu adalah Han. Han sempat dikejar ke beberapa wilayah sampai akhirnya digerebek di Hotel Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (10/1/2012) malam.

Saat ditangkap, Han sedang pesta sabu bersama Hen, Da, Ae, Di, dan Si. Polisi menyita barang bukti, seperti plastik bekas sabu, korek api, selang bong, dan sabu 0,3 gram, yang ditemukan di celana pilot Lion Air tersebut.

Setelah dites urine, ternyata dua orang teman Han, yakni Da dan Ae, tidak terbukti mengonsumsi narkoba sehingga dikembalikan lagi ke Makassar.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X