Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Investasi 70 Miliar Dollar AS agar Ekonomi Tumbuh

Kompas.com - 14/02/2012, 15:11 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Country Editor Oxford Business Group (OBG), Paulius Kuncinas, mengatakan, infrastruktur Indonesia butuh investasi minimal 70 miliar dollar AS agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga 7 persen. Tahun 2011 , ekonomi Indonesia sudah mencapai pertumbuhan 6,5 persen.

Dalam laporan ekonomi terbaru yang dikeluarkan oleh OBG, memang pembangunan infrastruktur di Indonesia dalam skala yang besar diharapkan bisa menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi. "Saya pikir itu (investasi di infrastruktur) krusial. Itu akan mempertahankan pertumbuhan (ekonomi) yang stabil," ujar Paulius kepada Kompas.com, dalam acara peluncuran tinjauan ekonomi Indonesia 2012 , di Jakarta, Selasa (14/2/2012 ).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sangat penting. Jangan hanya puas ekonomi tumbuh bagus dalam waktu sesaat saja. Paulius menyebutkan, pertumbuhan ekonomi yang bagus paling tidak bertahan dalam 5-10 tahun ke depan.

"Itu (70 miliar dollar AS) minimum yang negara butuhkan (untuk membangun infrastruktur)," tambah dia. Mengingat, sebut dia, kondisi infrastruktur di Jakarta saja, yang merupakan ibukota Indonesia, belum bagus.

"Jadi saya pikir infrastruktur adalah syarat yang penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," pungkas Paulius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com