Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, Cadangan Migas Baru

Kompas.com - 14/03/2012, 23:21 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore (WMO) menemukan cadangan minyak dan gas baru di sumur eksplorasi pertama di Pulau Madura, Jawa Timur. Potensinya, minyak mentah sekitar 3.500 barrel per hari (bph) serta gas sebesar 10 juta kaki kubik (MMSCFD).

Direktur Utama PHE, Salis S Aprilian, di Surabaya, Rabu (14/3/2012), mengatakan, produksi 30-40 sumur tua yang ditinggalkan Kodeco serta 6 sumur pengembangan baru mampu memproduksi 15.500 bph. Jumlah itu diharapkan terus bertambah dengan ditemukannya ladang gas yang baru tersebut.

Cadangan minyak dan gas baru ditemukan setelah tim teknis PHE WMO melakukan pengeboran di sumur eksplorasi PHE KE38-2 sedalam 500 feet zona gas dan 300 feet zona minyak di Formasi Kujung I. Kegiatan pengeboran ini 1 sumur dari 9 sumur eksplorasi selama 2012.

Sedikitnya akan ada 5 sumur produksi yang akan digali di wilayah itu. Dengan penemuan sumur baru, produksi PHE WMO bisa mencapai 20.000 bph tahun 2012, dan dalam tiga tahun mendatang menjadi 40.000 bph.

Salis menambahkan, temuan minyak dan gas membuat PHE pun semakin optimistis untuk mengucurkan investasi baru senilai 670 juta dollar Amerika Serikat untuk pengeboran sumur baru hingga pengadaan rig. Dari total dana itu, per sumur menelan biaya hingga 10-15 juta dollar AS.

Senior Executive VP & GM PHE WMO, Imron Asjhari, menambahkan, setelah menyelesaikan sumur eksplorasi pertama ini, menara pengeboran akan pindah ke sumur eksplorasi kedua PHE KE38-3 sekitar 3,5 kilometer timur dari sumur eksplorasi pertama.

Pada tahun 2012, PHE WMO merencanakan untuk mengebor 9 sumur eksplorasi, 12 sumur pengembangan, dan 15 sumur kerja ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com