Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Sediakan Gas 5 MMSCFD untuk Konversi BBG

Kompas.com - 10/05/2012, 18:55 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) menyediakan gas dengan volume lima juta standar kaki kubik per hari (mmscfd), untuk sektor transportasi.

Hal ini merupakan bentuk dukungan perseroan itu terhadap program pemerintah, untuk melaksanakan konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, demi mengurangi konsumsi BBM.

"Kami sangat mendukung program konversi BBM ke BBG, untuk mengurangi dampak subsidi yang membebani APBN," kata Direktur Utama PT PGN, Hendi Prio Santoso, dalam siaran pers, Kamis (10/5/2012), di Jakarta.

Dengan partisipasi aktif perseroan itu, pelaksanaan konversi BBM ke gas diharapkan dapat berjalan lebih cepat, sehingga masyarakat bisa menikmati pemanfaatan energi murah dan ramah lingkungan.

Seperti yang telah ditunjukkan beberapa waktu lalu, bersama pemerintah, PGN dan beberapa pemangku kepentingan terkait gas, telah menyepakati dalam suatu nota kesepahaman untuk menyalurkan gas bagi kebutuhan BBG Jabodetabek.

Dalam kesepakatan itu, PGN turut berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan gas bumi sebesar 5 mmscfd.  Dalam kesepakatan lain, cara pengaturan penyaluran gas untuk kepentingan transportasi melalui pipa distribusi milik PGN juga telah disetujui.

Mekanisme penyalurannya telah diatur secara khusus oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Badan Pengatur Hilir Migas, sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2009 tentang kegiatan usaha gas bumi melalui pipa.

Dengan demikian, penyaluran gas untuk kepentingan transportasi melalui pipa distribusi PGN tidak ada kendala.

"Kami juga terlibat dalam program pemerintah dalam pelaksanaan penyaluran gas kota untuk rumah tangga di Surabaya, di mana PGN hanya menyalurkan dan tidak mengenakan biaya pemanfaatan pipa jaringan distribusinya," kata Hendi Prio Santoso.

Sejak tahun 2006, PGN telah melakukan penyaluran gas untuk stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Penyaluran itu memanfaatkan jaringan pipa yang dimiliki oleh PGN, sehingga tidak ada kekhawatiran mengenai pemanfaatan jaringan pipa gas milik PGN untuk penyaluran ke SPBG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com