Kompas.com - 23/07/2012, 12:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, ia sudah menggunakan mobil listrik selama enam hari. Selama kurun waktu tersebut, ia mengklaim menggunakannya setiap hari. "Ini sudah enam hari. Tiap hari saya pakai," jelas Dahlan, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Ia menceritakan pengalaman menggunakan mobil listrik ke Bogor pada hari Minggu (22/3/2012) kemarin. Saat di Sentul, ia sempat ragu apakah mobil tersebut bisa digunakannya sampai ke tempat tujuan. "Sampai di Sentul saya ragu-ragu bisa sampai atau tidak meskipun masih 8 kilometer lagi," sambung dia.

Lantas, Dahlan pun men-charge mobil tersebut di Jasa Marga. Sesampainya di Bogor, ia pun memarkir mobil listrik di kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN). Itu karena, kata dia, mobil tersebut milik PLN. "Disana di-charge dua jam, lalu saya tinggal ada kegiatan lain," tambahnya.

Ia pun menggunakan mobil tersebut untuk kembali ke Jakarta. Dia mengklaim tidak ada masalah selama perjalanan. "Saya jalan di atas 100 kilometer kemarin. Total sudah 300 kilometer," lanjut Dahlan.

Dikatakan dia, jalan dengan kondisi tanjakan sangat memakan listrik. Kondisi datar dengan panjang 100 kilometer bisa satu kali charge. "Tapi kalau agak naik beberapa derajat harus diukur," ujar dia.

Untuk itu, Dahlan berujar, penelitian sangat diperlukan untuk hal ini. "Maka itu pentingnya penelitian. Karena ini hari terakhir setelah saya menggunakan enam hari, setelah itu direvisi, nanti saya coba lagi minggu depan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.