Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, BI Siapkan Rp 1,9 Triliun untuk Kepri

Kompas.com - 02/08/2012, 12:57 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Bank Indonesia perwakilan Batam menyiapkan uang tunai Rp 1,9 triliun untuk Kepulauan Riau. Persiapan itu untuk mencukupi kebutuhan selama periode Lebaran 2012.

Petugas hubungan masyarakat BI Batam, Nuryazidi, mengatakan, persediaan uang tunai itu di atas kebutuhan. Tahun ini, Kepri diperkirakan membutuhkan Rp 1,3 triliun uang tunai selama periode Lebaran. "BI menjamin persediaan uang kartal cukup," ujarnya, Kamis (2/8/2012), di Batam, Kepulauan Riau.

Dari jumlah Rp 1,9 triliun itu, disiapkan Rp 68,2 miliar dalam bentuk pecahan Rp 10.000 atau lebih kecil. Sisanya dalam bentuk pecahan Rp 20.000 atau yang lebih besar. "Bagi masyarakat yang membutuhkan uang baru, penukaran sudah bisa dilakukan di BI maupun bank umum," ujarnya.

Perbankan juga diminta menjaga ketersediaan uang di anjungan tunai mandiri (ATM) selama libur Lebaran. Sesuai dengan kesepakatan, libur akan berlangsung pada 17-22 Agustus 2012.

"Selama periode libur, perbankan harus memastikan dana di ATM cukup. Masyarakat tidak bisa mengambil uang selain di ATM," ujarnya.

BI juga telah memastikan kesiapan sistem transaksi nontunai. Sistem itu untuk mendukung masyarakat yang enggan menggunakan transaksi tunai karena berbagai alasan. "Sebagian masyarakat lebih suka transaksi nontunai yang praktis dan bisa dilakukan kapan saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com