Kompas.com - 12/10/2012, 07:52 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Meski sempat positif, mayoritas saham yang diperdagangkan bursa AS ditutup negatif pada perdagangan Kamis (11/10/2012) waktu setempat. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun kurang dari 0,1 persen menjadi 1.432,84. Kemarin, indeks acuan AS ini juga sempat jatuh hingga ke level terendah dalam sebulan terakhir.

Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,1 persen menjadi 13.326,39. Volume transaksi perdagangan pada hari ini melibatkan 6 miliar saham senilai, setara dengan volume rata-rata tiga bulanan.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya yakni: Bank of America Corp dan Morgan Stanley yang naik 1,4 persen, serta Nextel Corp naik 14 persen.

Apa yang menyebabkan bursa AS muram? rupanya optimisme pelaku pasar mengenai data pengajuan klaim pengangguran AS memudar. Selain itu, aksi jual yang terjadi pada saham Apple turut menyeret kejatuhan saham-saham berbasis teknologi.

"Pelemahan pada saham Apple terus menjadi fokus investor. Pelaku pasar juga melihat pergerakan rata-rata indeks S&P 50 harian karena kita secara perlahan kembali ke level tersebut," jelas Ryan Larson, head of US Equity trading RBC Global Asset Management Inc.

Catatan saja, indeks S&P 500 telah turun 2,3% sejak mencapai level tertinggi dalam lima tahun terakhir di posisi 1.465,77 pada 14 September lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.