Kompas.com - 25/10/2012, 07:34 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

muylinux.comLinus Torvalds, creator Linux yang akan menerima penghargaan Millenium Technology Prize pada 13 Juni 2012.

KOMPAS.com - Android adalah sistem operasi terbuka yang berhasil mendominasi dunia perangkat mobile dalam waktu relatif singkat, namun kesuksesan tersebut bisa memicu dibuatnya sistem operasi tandingan Android oleh para produsen perangkat seperti Samsung dan LG.

Menurut bapak Linux, Linus Torvalds, hal ini terjadi karena para produsen perangkat tak memiliki kendali atas sistem operasi bikinan Google dan ingin membuat sistem operasi terbuka milik sendiri.

"Saya berada di Korea dan berbicara dengan Samsung dan LG beberapa minggu lalu. Para produsen ini agak cemas dengan Android karena mereka bukan Google. Mereka juga mau membuat sistem operasi sendiri karena ingin memiliki kontrol," ujar Torvalds ketika berbicara di depan audiens di Aalto University, Finlandia, Selasa (23/10/2012), seperti dikutip dari ZDNet.

Torvalds memuji Android karena berhasil membawa iklim terbuka ke platform mobile. "Sebelum Android, orang-orang mencoba melakukan itu pada ponsel, tapi kebanyakan kurang sukses. Sekarang Android telah mengubahnya."

Kunjungan Torvalds ke Allto University tersebut merupakan yang kedua kalinya di tahun 2012. Dalam kunjungan pertamanya Juni lalu, pencipta kernel sistem operasi Linux ini membuat sensasi dengan mengacungkan jari tengah seraya memaki-maki NVIDIA yang disebutnya tidak mau mengoptimalkan hardware untuk software open source.

Kali ini, sebelum berbicara, Torvalds telah berjanji tak akan mengacungkan jari tengah lagi. Akan tetapi dia menolak menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan NVIDIA serta keputusan Nokia untuk memilih Windows Phone dibanding platform MeeGo yang berbasis Linux.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.