Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Dibuka Naik, IHSG Bersemangat

Kompas.com - 13/11/2012, 09:38 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS..com - Bursa Asia bergerak menguat tipis, Selasa (13/11/2012) pagi, setelah Gubernur Bank Sentral Jepang berjanji menjalankan kebijakan ekonomi yang ekspansif setelah sehari sebelumnya Jepang melaporkan produk domestik brutto kuartal ketiganya terkontraksi sekitar 0,9 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Positifnya Asia ini memberi harapan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan. Harga minyak melanjutkan pelemahan pagi ini ke level 85,3 dollar AS per barrel. Sementara rupiah berhasil menguat ke level Rp 9.625 per dollar AS setelah sebelumnya melemah dalam empat hari berturut-turut.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan pasar masih akan mencermati kondisi regional terutama perkembangan pembicaraan tentang jurang fiskal di AS dan juga hasil pertemuan menteri keuangan Uni Eropa mengenai rencana persetujuan dana talangan ke Yunani.

Kisaran indeks berada di level 4.300-4.334. Bursa AS ditutup flat semalam meski sempat dibuka menguat seiring sentimen positif dari rilis data ekspor China yang lebih baik dari ekspektasi dan disetujuinya proposal anggaran Yunani oleh parlemen.

Pasar masih menunggu sekaligus mengantisipasi pertemuan kongres AS dan Obama yang membicarakan solusi jurang fiskal dan potensi tidak disetujuinya proposal bail out Yunani senilai 40 miliar dollar AS dalam pertemuan menteri keuangan Uni Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com