Kompas.com - 22/11/2012, 15:34 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MATARAM, KOMPAS.com- Berbagai masalah psikososial yang dihadapi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), menjadi sasaran pelayanan konsultasi para kader dan perawat kesehatan jiwa. Konsultasi itu perlu diberikan guna dan mencegah gangguan jiwa yang mungkin dialami para buruh migran sebelum dan setelah bekerja di luar negeri.

"Materi itu adalah pokok bahasan dalam konferensi nasional (Konas) IX keperawatan kesehatan jiwa, yang berlangsung tiga hari di Mataram, Nusa Tenggara Barat, dimulai hari Kamis (22/11) sore, yang diikuti sekitar 200 peserta dari seluruh Indonesia," kata Nengah Darta, Sekretaris Panitia Konas itu.

Psikososial sangat mungkin mendera para TKI, karena dianggap bermasalah seperti alasan sakit akibat kerja, gaji tidak dibayar, pelecehan seksual, penganiayaa n dan lainnya yang mengakibatkan mereka dipulangkan ke Tanah Air.

Tahun 2011, sebanyak 72.846 TKI diberangkatkan dari NTB. Dari jumlah itu, pada tahun sama 309.463 TKI dipulangkan; 44.773 TKI di antaranya dianggap bermasalah.

Untuk itu diharapkan kader dan perawat kesehatan jiwa di tingkat desa dan Puskesmas punya peran penting melakukan pendampingan bagi para TKI, menemukan dan mendeteksi dini gangguan jiwa yang akan timbul, termasuk meminimalisasi kasus pemasungan, sehingga mereka dapat hidup layak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.