Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Daging Sapi Naik

Kompas.com - 08/12/2012, 02:45 WIB

Jakarta, Kompas - Kementerian Perdagangan usul kuota impor daging sapi tahun 2013 ditambah. Kuota yang sebelumnya ditetapkan Kementerian Pertanian sebesar 80.000 ton diusulkan naik menjadi 100.000 ton. Pertimbangannya adalah pasokan di dalam negeri masih belum mencukupi.

”Itu baru analisis dan kajian kami. Nanti akan dikonsolidasikan ke Kementerian Pertanian dan Kementerian Koordinator Perekonomian,” kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan kepada Kompas, Jumat (7/12).

Kementerian Perdagangan menilai kenaikan harga daging sapi di pasaran dalam dua bulan terakhir menjadi indikasi kurangnya pasokan daging di dalam negeri. Dari usul tersebut, belum dirinci berapa banyak yang diimpor dalam bentuk daging beku dan sapi bakalan.

Menurut rencana, pekan depan Gita menggelar pertemuan dengan Menteri Pertanian dan Menteri Koordinator Perekonomian untuk mendapatkan gambaran serta informasi secara lengkap. Sebelumnya Kementerian Pertanian mengusulkan kuota impor daging tahun 2013 sebanyak 80.000 ton. Jumlah tersebut turun dibandingkan dengan kuota tahun ini, sebanyak 85.000 ton. Pengurangan kuota tersebut sejalan dengan program swasembada daging.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, kuota impor daging itu adalah 12 persen dari total kebutuhan daging tahun 2013. Dari pola setiap tahun, sebanyak 60 persen kuota diimpor dalam bentuk sapi bakalan dan 40 persen dalam bentuk daging beku. Berdasarkan pantauan harga Kementerian Perdagangan, harga rata-rata daging sapi nasional per 6 Desember Rp 85.038 per kilogram.

Sementara itu Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Jumat, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menegaskan bahwa kuota impor daging sapi tahun 2013 jangan ditambah. ”Kita agar tetap teguh pada target swasembada daging di tahun 2014 dan melakukan segala upaya mewujudkannya,” ujarnya.

”Memang banyak tekanan dari berbagai pihak, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga dari negara-negara yang selama ini menyuplai daging sapi ke Indonesia. Tetapi kita harus tetap tegar, jangan goyang. Jangan dulu kuota ditambah,” ujar Rusman seusai membuka pertemuan pembinaan dan bimbingan teknis sarjana membangun desa.

Pemerintah harus kuat

Rusman mengatakan, dalam setiap kebijakan, selalu ada pihak yang dirugikan. Namun, pemerintah harus kuat. Apalagi, stok daging sapi untuk kebutuhan konsumsi lokal mencukupi. Pada awal tahun juga tidak terjadi masalah apa pun. Masalah berupa tingginya harga daging sapi lokal hanya terjadi pada akhir tahun.

Saat ini, porsi daging impor sekitar 18,5 persen kebutuhan daging sapi nasional yang mencapai 500.000 ton per tahun. Tahun 2013, porsi daging sapi impor untuk konsumsi nasional harus ditekan hingga 14,5 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com